Skip to main content

Pentingnya Manajemen Keuangan Perusahaan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 20, 2023

Salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan sebuah bisnis di suatu perusahaan adalah manajemen keuangan.Manajemen keuangan mempunyai peran yang besar dalam memberikan pengaruh di segala aspek bisnis. Jika dalam manajemen keuangan terdapat kesalahan maka suatu bisnis dapat terkena risikonya. Maka dari itulah perlu dilakukan manajemen keuangan dengan baik, bila perlu bisa menggunakan software accurate online yang dapat membantu dalam memanajemen keuangan.

Pentingnya Manajemen Keuangan Perusahaan

Melalui pengelolaan keuangan yang baik, perusahaan akan dapat merencanakan bisnisnya dengan optimal. Dalam hal ini akan dapat membantu dalam mengukur dan menjaga supaya kondisi keuangan dalam bisnis tetap sehat. Baik itu untuk bisnis yang berskala besar maupun kecil, semua butuh manajemen keuangan yang baik.

Pentingnya Manajemen Keuangan Bagi Perusahaan

Terdapat 4 alasan yang membuat pentingnya manajemen keuangan bagi perusahaan. Adapun beberapa alasannya yaitu:

1. Mengetahui modal yang telah dikeluarkan

Dengan penerapan manajemen keuangan yang baik tentu dapat memungkinkan mengetahui berapa modal yang telah dikeluarkan untuk membeli aset. Aset tersebut adalah modal yang nantinya akan dapat menghasilkan pendapatan.

Dalam mengeluarkan biaya untuk modal, nantinya akan bisa menyeimbangkan jumlah pendapatan yang akan didapat dari modal yang telah dikeluarkan. Hal ini penting dilakukan agar usaha yang dijalankan tidak mengalami pailit.

Jika bisa mengatur dana pengeluaran dengan tepat, maka arus keuangan perusahaan akan selalu sehat sehingga tidak perlu meminjam dari pihak lain. Selain itu perlu juga fokus pada aset yang dapat memberi pendapatan yang lebih untuk perusahaan.

2. Dapat Mengelola Kas

Perusahaan yang mempunyai manajemen keuangan yang baik, maka arus kasnya akan bisa terkelola secara teratur. Selain itu, tidak akan dipusingkan dengan memikirkan apakah mempunyai dana untuk membayar berbagai tagihan seperti tagihan air, listrik, telepon, asuransi dan gaji karyawan.

Satu tips yang berguna dan dapat diterapkan yaitu dengan mempercepat jumlah waktu yang diberikan untuk pelanggan dalam membayar atau negosiasi waktu jatuh tempo kepada pihak vendor.

Dalam melakukan manajemen keuangan harus dilakukan secara disiplin. Hal itu karena jika tidak dapat mengelola arus kas secara efektif, maka dapat terjadi kegagalan dan operasional perusahaan bisa mengalami gangguan.

3. Menekan Biaya

Sala satu fungsi utama dari manajemen keuangan yaitu untuk menekan biaya serendah mungkin. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan seperti meminta pihak vendor untuk menurunkan harga karena telah lama berlangganan, mengurangi penggunaan air dan listrik, membeli persediaan barang dengan masif.

Jika kamu tidak dapat mengelola biaya pengeluaran secara baik, hal lain yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mendongkrak angka penjualan secara signifikan agar biaya pengeluaran bisa tertutupi.

4. Perencanaan Pajak

Hal lain yang menjadi alasan kenapa manajemen keuangan itu penting adalah karena akan bisa mempunyai perencanaan pajak yang baik. Dengan manajemen keuangan, maka akan bisa memprediksi ekstimasi besarnya pajak yang harus dibayarkan. Dengan demikian maka bisa lebih tenang dan tidak perlu khawatir telat membayar biaya pajak.

Seperti yang telah diketahui, bahwa jika telat dalam membayar pajak maka akan dikenai denda sehingga butuh alokasi dana tambahan untuk membayar biaya denda tersebut. Dikarenakan telah mempunyai manajemen keuangan yang baik, maka perencanaan pajak perusahaan akan bisa berjalan dengan lancar.

Nah, bagi kamu para pengusaha jika ingin mempunyai manajemen keuangan perusahaan yang baik mungkin bisa menggunakan software akuntansi online yang bernama accurate online. Accurate Online merupakan aplikasi akuntansi online yang berbasis web yang memungkinkan untuk membantu mencatat transaksi pembukuan harian secara mudah dan cepat. Dengan berbagai dukungan fitur yang lengkap dari cash flow, stok, asset, hutang, piutang, hingga laporan keuangan yang telah terjurnal secara otomatis. Kelebihan dari Accurate Online adalah mudah untuk diakses, user friendly, dan fitur yang lengkap.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar