Skip to main content

Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Websitemu

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 10, 2022

Di era yang serba onine seperti saat ini, memiliki website sudah menjadi kebutuhan di berbagai sektor, seperti perusahaan, bisnis UMKM, hingga perorangan sekali pun. Untuk membuat website selain memerlukan domain untuk alamat website, juga memerlukan sebuah hosting sebagai tempat untuk menyimpan data atau file-file penting pada sebuah website. Sehingga, untuk bisa membuat atau memiliki sebuah website maka kamu perlu berlangganan hosting di tempat penyedia layanan hosting.

Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Websitemu

Namun, sebelum kamu membeli hosting, kamu harus tahu dulu akan kebutuhan hosting untuk websitemu agar bisa sesuai. Pasalnya, setiap hosting memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Jadi, kamu harus bisa memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan websitemu. Untuk itu pada pembahasan ini akan kami uraikan penjelasan tentang cara memilih hosting yang tepat untuk websitemu.

Cara Memilih Hosting Yang Tepat

Supaya kamu tidak salah pilih dalam memilih hosting yang tepat, kamu perlu menetapkan beberapa kriteria hosting yang akan kamu pilih. Dalam hal ini terdapat 4 aspek kriteria yang perlu kamu ingat ketika hendak memilih hosting yang tepat. Adapun kriteria-kriteria tersebut adalah sebagai berikut:

1.Perhatikan Kecepatannya

Kecepatan hosting menjadi poin yang penting untuk memilih hosting yang tepat karena dapat berpengaruh pada performa websitemu, jadi kamu perlu untuk memperhatikan berbagai faktor yang mendukung performa server. Sebagai contoh storage, bandwidth, dan plugin optimasi untuk kecepatan website. Pastikan memilih yang pas untuk website kamu.

2. Perhatikan keamanannya

Keamanan data merupakan hal penting agar tidak diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itulah, pastikan hosting yang akan kamu beli bisa menjamin keamanan website kamu. Sebagai contoh pada layanan hosting tersedia proteksi malware dan DDoS, beserta dengan gratis SSL.

3. Terseida bantuan tim support

Kamu perlu tahu layanan support yang ditawarkan oleh pihak penyedia hosting, hal ini bertujuan jika ada sesuatu yang tidak kamu mengerti, kamu bisa bertanya untuk mendapatkan solusi. Pastikan ada layanan bantuan tim support, contohnya tersedia layanan 24/7 live chat, phone support, dan kontak email.

4. Skalabilitas

Hosting yang kamu pilih pastikan memudahkanmu untuk berkembang. Sebagai contoh, hosting yang menawarkan paket-paket sesuai dengan kebutuhan websitemu.

Nah, dari beberapa kriteria-kriteria di atas, kamu perlu untuk mencocokan pilihan hosting yang sesuai dengan kebutuhan websitemu. Sebagai contoh, jika jumlah pengunjung websitemu masih sedikit dan tidak terlalu banyak, kamu tidak perlu menggunakan jenis hosting yang menawarkan sumber daya server yang berlebih, karena jika masih sedikit, cukup dengan menggunakan shared hosting atau Unlimited Hosting Murah sudah cukup.

Sebagai refernsi dalam menentukan jenis hosting yang cocok untuk jenis websitemu, kamu dapat melihat daftar panduan sebagai berikut ini:

  • Shared hosting = Cocok untuk jenis website blog pribadi yang masih memiliki sedikit pengunjung.
  • Cloud Hosting = Cocok untuk jenis website toko online, perusahaan, dan portal berita. Jika target audiens websitemu adalah Indonesia kamu bisa menggunakan Cloud hosting Indonesia.
  • VPS = Cocok untuk jenis website proyek, website e-commerce, dan website blog dengan high-traffic.

Setelah melihat penjelasan tersebut, sudah siapkah kamu menentukan pilihan hosting terbaikmu? Semoga bisa memilih hosting yang tepat ya. Demikian penjelasan tentang cara memilih hosting yang tepat untuk websitemu, semoga penjelasan terebut dapat bermanfaat bagi kamu yang saat ini sedang mencari hosting yang tepat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar