Skip to main content

Pemulihan Bagi Pecandu Sabu

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 08, 2022

Selain dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan masalah sosial, kecanduan narkoba jenis sabu juga dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat besar. Efek dari ketergantungan terhadap sabu dapat membuat orang selalu ingin mengkonsumsinya. Sementara untuk pembelian sabu tidaklah murah, sehingga dapat membuat perekonomiannya menjadi terganggu. Orang dengan kondisi seperti itu, bisa saja melakukan tindak kriminal yang berbahaya demi mendapatkan uang untuk membeli sabu. Maka dari itulah jika punya anggota keluarga atau kerabat yang telah menjadi korban pemakai sabu atau pecandu narkoba jenis sabu maka segera bawa ke tempat rehabilitasi narkoba untuk pemulihan atau penyembuhan.

Pemulihan Bagi Pecandu Sabu

Tempat reabilitasi narkoba merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melangsungkan kegiatan program rehabilitasi dengan mempunyai berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang pemulihan atau penyembuhan pecandu narkoba. Bentuk tempat rehabilitasi umumnya berbentuk rumah atau bangunan lain yang bisa membuat perasaan pasiennya menjadi lebih nyaman. Nah, salah satu tempat untuk pemulihan bagi pecandu narkoba adalah Ashefa Griya Pusaka.

Ashefa Griya Pusaka lebih mengedepankan rehabilitasi secara menyeluruh, baik itu secara medis maupun sosial. Adapun rehabilitasinya mengungsung konsep terstruktur 3P yaitu Pulih, Pengembangan Diri, dan Produktif. Selain itu, ketenangan dan kenyamanan pasien yang sedang menjalani program pemulihan menjadi prioritas tempat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka.

Metode Pemulihan Bagi Pecandu Narkoba Jenis Sabu

Di tempat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka terdapat beberapa metode program yang akan dijalankan untuk pemulihan bagi para pecandu narkoba jenis sabu. Adapun beberapa metode tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Terapi detoksifikasi

Terapi detoksifikasi merupakan terapi untuk membersihkan darah dan jaringan tubuh dari senyawa yang brbahaya dan beracun pada tubuh pecandu. Tujuan dari program ini yaitu untuk mengurangi kecanduan dan menjernihkan pikiran. Selain itu detoksifikasi juga berguna untuk penyembuhan gejala putus narkoba atau sakau, stabilisasi jiwa dan kerja organ serta sistem yang rusak. Untuk membersihkan sistem tubuh dokter mungkin memberikan obat neuroleptik, serta obat untuk penenang pun juga akan diberikan. Selain itu kardioprotektor, hepatoprotektor, obat yang menstabilkan tekanan darah, nootropik dan obat yang lainnya yang memang diperlukan mungkin juga akan diresepkan oleh dokter.

Rehabilitasi non medis

Rehabilitasi non medis merupakan metode pemulihan mental secara intensif dalam lingkungan yang tertutup dan melibatkan psikolog beserta psikoterapis. Para tenaga ahli tersebut akan memberikan bantuan agar pecandu bisa menyadari tingkat keparahan penyakit mereka, mengajarkan kepada mereka untuk bisa menahan godaan, membantu mereka untuk membangun kembali kehidupannya, dan membantu mereka untuk menentukan tujuan baru yang akan dicapainya.

Bina Sosial

Bina sosial merupakan program yang dijalankan oleh tempat rehabilitasi narkoba untuk mengembalikan mantan pecandu narkoba kepada masyarakat. Mantan pecandu narkoba sebelumnya telah diberikan berbagai bekal yang bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat misalnya diberikan bekal berupa keterampilan, pengembangan hobi dan kemampuan mental untuk melindungi diri dari godaan narkoba. Dalam beberapa waktu, pecandu narkoba masih tetap dipantu dalam pengawasan untuk evaluasi.

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pemulihan bagi pecandu sabu. Dimana dalam upaya rehabilitasi, lembaga atau pusat rehabilitasi sangat berperan penting untuk menyelematkan kondisi kesehatan fisik, psikis, sosial dan ekonomi para pasiennya. Selain itu, peran penting dukungan dari orang terdekat baik itu dari keluarga maupun sahabat sangat dibutuhkan agar proses pemulihan bisa lebih lancar dan pasien bisa terbebas dari jerat obat-obatan terlarang tersebut.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar