Skip to main content

Tips Kampanye di Media Sosial

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 29, 2022

Saat ini hampir setiap harinya seseorang tidak bisa luput dari penggunaan media sosial seperti instagram, facebook, Whatsapp dan berbagai platform media sosial lainnya. Banyaknya pengguna media sosial ini tentunya dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap sebuah bisnis. Selain itu, karena banyaknya pengguna dari berbagai kalangan maka membuat indeks target pemasaran menjadi semakin beragam mulai dari jenis kelamin, usia, lokasi dan hal lainnya. Oleh karena itulah dalam melakukan kampanye di media sosial diperlukan beberapa tips.

Tips Kampanye di Media Sosial

Tips Kampanye di Media Sosial

Kampanye di media sosial menjadi suatu kegiatan yang cukup popular di kalangan pebisnis karena ini merupakan bagian dari aktivitas sosial media marketing. Dalam aktivitas sosial media marketing, media sosial dapat dijadikan sebagai media kampanye yang tepat untuk memperkenalkan brand kepada banyak orang. Namun, setepat apapun media yang digunakan, tentunya memerlukan usaha yang maksimal. Sehingga, dalam menjalankannya diperlukan rencana yang matang agar proses peluncuran iklan dapat berjalan lancar.

Maka dari itulah, penting sekali untuk mengetahui beberapa tips kampanye di media sosial yang tepat agar bisa membuat iklan yang tepat sasaran atau sesuai target audiens yang diinginkan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips kampanye di media sosial yang dapat anda jadikan sebagai acuan untuk rencana iklan anda.

1. Ketahui tujuan brand yang akan dikampanyekan

Sebelum meluncurkan kampanye di media sosial sebaiknya ketahui dulu apa tujuannya sehingga nantinya bisa menyasar ke audiens yang tepat. Jadi, sebelum membuat kampanye, buatlah rencana yang matang terlebih dahulu. Luangkan waktu anda untuk mengenal brand dengan benar. Pengenalannya bisa dimulai dari fungsinya, manfaat yang bisa didapatkan masyarakat dari brand tersebut, dan kebutuhan masyarakat akan brand tersebut. Dengan diketahuinya tujuan kampanye dengan tepat, maka akan lebih mudah mengetahui target pasar yang tepat, sehingga membuat brand akan tersampaikan ke masyarakat dengan baik.

2. Pelajarilah metrik yang dipakai sebagai acuan untuk kampanye

Agar kampanye di media sosial bisa berjalan dengan sukses, anda perlu mempelajari metrik yang dijadikan sebagai acuan dalam kampanye. Ada berbagai metrik yang dapat digunakan sebagai acuan dalam kampanye di media sosial.

Adapun secara umum, beberapa metrik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Reach: Jumlah total dari banyaknya audiens yang melihat iklan Anda.
  2. Engagement: Interaksi audiens terhadap post iklan Anda. Misalnya di postingan instagram ada yang likes dan komentar. Fungsinya yaitu mengidentifikasi seberapa baik iklan dianggap relevan oleh audiens.
  3. Link Click: Jumlah audiens yang melihat iklan Anda dan mereka menganggapnya cukup menarik sehingga tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut.
  4. Conversion: Kampanye berfokus pada penjualan. Dalam hal ini penting sekali untuk membuat arahan kepada para audiens untuk melakukan pendaftaran ataupun pemesanan.
  5. BPA (Biaya per Akuisisi)/ CPA (Cost per Acquisition), kedua hal ini penting untuk mengawasi berapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk melakukan sebuah kampanye.

Pada saat Anda melihat metrik tersebut, usahakan anda menentukan keputusan yang sesuai dengan produk anda.

3. Melakukan identifikasi Audiens

Jika telah melihat metriknya, maka sekarang tinggal melakukan identifikasi audiens berdasarkan dari jenisnya berikut ini:

  1. Retargeting: Penargetan terhadap pengguna yang mempunyai eksposur ke produk Anda.
  2. Lookalike: Pengguna potensial yang terlihat yang serupa dengan audiens yang anda miliki sebelumnya.
  3. Interest/demographics: Pengguna yang sesuai dengan karakteristik atau demografi uatama pasar anda. Anda perlu tahu dulu seperti apa audiens anda dari awal, selanjutnya asah pesan kampanye sesuai dengan demografi dan karakter audies.

4. Menyiapkan Tempat Kampanye

Dalam hal ini anda harus menganalisis media sosial apa yang sesuai dengan kebutuhan kampanye anda. Selain itu, anda juga harus memiliki rencana lanjutan lainnya, seperti apa yang anda inginkan jika pengguna mengklik tautan yang telah anda berikan. Jadi, anda juga perlu memastikan pesan kampanye tersebut dengan pesan dan narasi yang tepat yang anda tekankan di tempat lain setelah tautan di klik.

5. Mengelola budget dengan bijak

Kelolalah budget yang anda miliki dengan bijak, usahakan uang yang anda keluarkan untuk melakukan kampanye di media sosial bisa sesuai dengan hasil yang anda harapkan. Jadi, anda harus paham korelasi seberapa banyak uang yang anda belanjakan dan seberapa lama kampanye dijalankan sebelum akhirnya mendapatkan hasil yang sesuai. Dalam hal ini anda mungkin perlu melakukan uji coba agar biaya dan waktu berjalannya kampanye dapat berjalan dengan optimal.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa tips kampanye di media sosial. Dari beberapa penjelasan tips tersebut, salah satu metrik yang dapat dijadikan acuan penting adalah engagement pengguna yang didalamnya termasuk komentar post di media sosial. Maka jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan komentar positif di media sosial anda dapat menggunakan jasa dari RajaKomen.com.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar