Skip to main content

Cara Blogger Menghasilkan Uang

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 28, 2022

Saat ini berbagai macam hal banyak yang dilakukan secara online, sehingga membuat manusia tidak bisa lepas dari yang namanya internet dan gadget. Dapat dikatakan, bahwa kedua hal tersebut merupakan bagian dari kebutuhan hidup seperti halnya makan dan minum. Dengan hadirnya internet berbagai peluang bisnis mulai bermunculan salah satunya yaitu menjadi seorang blogger.

Cara Blogger Menghasilkan Uang

Blogger merupakan seorang pemilik blog dimana dia membuat blog dan mengelola blog untuk membagikan informasi kepada para audiens melalui artikel yang dibuatnya berdasarkan segemen tertentu untuk keperluan pribadi maupun untuk bisnis.

Menjadi seorang blogger, selain dapat meenyalurkan hobi juga dapat menghasilkan banyak uang. Tentunya, hal ini sangat menyenangkan, apalagi bagi seseorang yang memiliki hobi menulis dan suka berbagi informasi kepada banyak orang. Menjadi seorang blogger, enaknya yaitu jam kerjanya bebas bisa diatur sendiri tanpa terikat jam kerja. Jadi, mengerjakannya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Pada awalnya menjadi seorang blogger itu harus berusaha ekstra untuk membangun sebuah blog. Namun, jika blog yang dibuatnya tersebut sudah popular dan mempunyai banyak visitor atau pengunjung, maka akan sangat mudah menghasilkan banyak uang. Jadi, untuk menjadi seorang blogger itu intinya harus bisa tekun agar bisa menghasilkan banyak uang. Lantas, bagaimanakah cara blogger menghasilkan uang? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Blogger Menghasilkan Uang

Sebenarnya cara blogger menghasilkan uang itu ada segudang cara. Namun, dalam pembahasan ini akan kami bagikan beberapa cara blogger dalam menghasilkan uang melalui blog yang dikelolanya. Adapun cara blogger menghasilkan uang yaitu melalui beberapa hal-hal berikut ini:

1. Menghasilkan uang dari iklan

Cara yang paling banyak dilakukan oleh blogger untuk bisa menghasilkan uang dari blognya adalah dengan menampilkan iklan pada blognya. Agar sebuah blog bisa menampilkan iklan, maka seorang blogger harus mendaftarkan blognya pada sebuah platform iklan tertentu. Setelah diterima, maka blogger bisa menambahkan kode script yang disediakan ke blognya supaya bisa menampilkan iklan. Beberapa platform iklan yang banyak dijadikan sebagai sumber penghasilan blogger yaitu Adsense, Adsterra, MGID, Propeller Ads, AdNow, MediaNet, RevenueHits, PopAds dan lain-lain.

Banyaknya uang yang berhasil didapatkan tergantung dari jenis iklan yang ditayangkan, nilai klik, jumlah klik yang dilakukan oleh visitor. Setiap klik mempunyai harga yang berbeda-beda tergantung dari iklan yang ditampilkan. Sedangkan, iklan yang tampil biasanya tergantung dari topik blog yang dibahasnya. Misalnya, untuk blog yang topik pembahasannya tentang ponsel, maka iklan yang lebih sering ditampailkan adalah iklan ponsel.

2. Menghasilkan uang dari program afiliasi

Selain iklan, program afiliasi juga bisa menjadi cara blogger untuk menghasilkan uang. Dengan bergabung pada program afiliasi tertetntu maka blogger bisa mendapatkan komisi setiap ada penjualan produk yang dilakukan melalui link, kode maupun banner afiliasi yang ditampilkan pada blog. Besarnya komisi yang didapatkan oleh blogger tergantung dari ketentuan program afiliasi yang diikutinya. Komisi yang diberikan dari setiap ada penjualan yang berhasil, biasanya ada yang 10%, 15%, 20% dan lain-lain.

3. Menghasilkan uang dengan berjualan produk

Blog juga dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk secara online. Sehingga, hal ini dapat dimanfaatkan bagi seseorang yang memiliki bisnis atau produk tertentu baik itu berupa barang maupun produk digital. Sebagai contoh, produk pakaian, maka blogger bisa mengisi blognya dengan artikel yang membahas tutorial fashion, dimana dalam artikel tersebut bisa disisipkan produk pakaian yang sesuai dengan isi artikel.

4. Menghasilkan uang dari Endorse

Endorse adalah sebuah teknik promosi yang dapat dilakukan oleh seorang blogger di blognya untuk mengulas tentang suatu produk. Jika seorang blogger memiliki blog yang sukses, maka tidak jarang ada pihak lain dari perushaan tertentu yang menghubunginya untuk mempromosikan produknya. Apabila blogger setuju dengan kerjasama yang telah ditawarkan, maka blogger bisa mendapatkan uang dari program endorse tersebut. Menariknya, jika pihak yang mengajak kerja sama merasa puas dengan ulasan yang dibuat blogger, maka tidak menutup kemungkinan kerja sama akan di lakukan kembali di lain waktu.

5. Menghasilkan uang dengan menawarkan jasa

Untuk menawarkan jasa atau keahlian tertentu juga bisa dengan memanfaatkan blog. Sebagai contoh, bagi yang memiliki keahlian dalam hal web developer, maka dapat menawarkan jasa untuk pembuatan website kepada para visitor blog. Tentunya, untuk dapat melakukan hal tersebut seorang blogger harus bisa menunjukkan keahlian yang dimilikinya melalui blognya.

Itulah beberapa cara blogger dalam menghasilkan uang melalui blognya, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar