Skip to main content

Tips Hemat Mendapatkan Asuransi Kesehatan Yang Terjangkau

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 04, 2022

Menerapkan tips hemat mendapatkan asuransi kesehatan dapat membantu kamu dalam menemukan asuransi yang terjangkau namun tetap efektif. Dilihat dari segi keuangan, asuransi kesehatan menjadi salah satu produk yang dapat menanggung kerugian yang kamu alami atas risiko yang terjadi. Mulai dari risiko kecelakaan, penyakit kritis, hingga kematian yang dapat mempengaruhi kondisi keuanganmu. Oleh karena itu, asuransi kesehatan menjadi salah satu jenis asuransi yang sangat penting karena dapat memberikan proteksi financial dari risiko kesehatan.

Tips Hemat Mendapatkan Asuransi Kesehatan Yang Terjangkau

Tips Hemat Mendapatkan Asuransi Kesehatan Yang Terjangkau

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terjangkau ada beberapa tips hemat mendapatkan asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Ikut asuransi kesehatan dari usia muda

Biasanya asuransi kesehatan itu dipengaruhi oleh usia tertanggung, sehingga bagi seseorang yang usianya masih muda memiliki kesempatan untuk mendapatkan premi yang lebih murah. Alasannya karena seseorang yang masih berusia muda memiliki kemungkinan yang lebih rendah akan risiko kesehatan dibandingkan dengan seseorang yang usianya tua. Ini merupakan tips cermat yang dapat kamu terapkan, terlebih beberapa diantara perusahaan asuransi ada yang menerapkan batasan usia tertentu bagi seseorang yang ingin mendapatkan polis asuransi.

2. Teliti dan Pelajari polis dengan baik

Tips hemat memilih asuransi kesehatan selanjutnya yaitu memahami dengan cermat tiap-tiap poin yang terdapat di dalam polis asuransi, sehingga kamu bisa lebih tahu berbagai ketentuan yang menjadi kesepakatan. Selain itu, konteks pengecualian yang tertera dalam polis juga perlu untuk dipahami, hal ini karena biasanya asuransi kesehatan itu memuat pengecualian untuk risiko kesehatan yang muncul karena kesalahan dari pengguna. Tidak hanya itu saja, dalam asuransi kesehatan biasanya ada yang namanya asuransi kesehaan standar, yaitu asuransi yang dalam tanggungannya tidak dapat meng-cover sejumlah penyakit berat. Jadi, jika kamu mengalami sejumlah penyakit berat maka kamu harus menanggung biayanya sendiri.

3. Jangan hanya terfokus dengan premi yang murah

Meskipun yang sedang kamu cari adalah asuransi kesehatan yang preminya terjangkau, tetapi sebaiknya kamu jangan terfokus pada premi murah saja. Sebaiknya kamu mencermati terlebih dahulu apa saja ketentuan-ketentuan yang tercantum di dalamnya, misalnya ketentuan tentang rawat inap. Alasannya, ada juga beberapa asuransi kesehatan yang menerapkan aturan uang pertanggungan harian, sehingga jika melebihi batas harian yang telah ditetapkan maka biaya selanjutnya akan dibebankan kepada pasien. Dengan menerapkan tips cermat ini, maka akan membantumu supaya uang pertanggungan dalam program asuransi kesehatan tidak tidak terlalu rendah dengan biaya rumah sakit sekarang ini.

4. Lakukan perbandingan dengan polis lain

Untuk bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang terjangkau dan efektif, kamu harus melakukan riset yaitu membandingkan beberapa polis asuransi yang ada. Perlu diketahui, bahwa polis asuransi kesehatan itu memuat informasi tentang hak dan kewajiban dengan perusahaan asuransi, tidak terkecuali perlindungan yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Sebagai contoh, ada asuransi kesehatan yang bisa menanggung biaya kesehatan hingga di luar negeri, namun ada pula yang hanya bisa menanggung biaya pengobatan yang dilakukan di dalam negeri saja.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa tips hemat untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terjangkau namun tetap efektif. Memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan perlu untuk kamu pertimbangkan apabila kamu menginginkan keamanan financial. Alasannya, karena biaya pengobatan tidaklah murah, bahkan inflasi biaya kesehatan bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan upah pekerja. Mudah-mudahan tips tips hemat memilih asuransi kesehatan yang terjangkau di atas dapat membantu kamu dalam menentukan asuransi yang tepat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar