Skip to main content

Mengenal Apa Itu Asuransi Dan Jenisnya Dari Sisi Finansial

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 10, 2022

Jika dilihat dari sisi finansial, asuransi merupakan suatu produk yang bisa menanggung kerugian yang anda alami atas risiko yang terjadi pada anda. Mulai dari risiko penyakit kritis, kecelakaan hingga kematian yang bisa mempengaruhi kondisi keuangan anda. Lalu apa itu asuransi? Bagi anda yang belum tahu, maka berikut ini adalah penjelasan yang dapat anda simak tentang apa itu asuransi dan jenisnya.

apa itu asuransi dan jenisnya

Apa Itu Asuransi

Asuransi adalah sebuah perlindungan finansial atau keuangan untuk jiwa, harta dan lain-lain dengan cara membagi risiko kerugian yang dialami nasabah dengan perusahaan asuransi sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Dapat pula didefinisikan bahwa asuransi adalah sebuah perjanjian yang dilakukan oleh 2 belah pihak yaitu pihak pemegang polis yang berkewajiban membayar iuran premi dengan pihak perusahaan asuransi yang berkewajiban memberikan jaminan perlindungan jika terjadi sesuatu terhadap pihak pemegang polis sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Jenis Jenis Asuransi

Di Indonesia ada banyak sekali jenis asuransi dan hampir setiap individu maupun bisnis dapat menentukan pilihan jenis asuransi yang menawarkan suatu perlindungan. Setiap jenis asuransi mempunyai besaran premi dan perlindungan yang berbeda-beda. Maka dari itulah jika anda ingin membeli suatu produk asuransi, maka pilihlah jenis asuransi yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Adapun jenis asuransi yang paling umum dimiliki adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Untuk penjelasannya dan jenis-jenis asuransi lain yang umum dimiliki oleh masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang bisa membantu menanggung biaya kesehatan pada saat dibutuhkan. Jaminan yang diberikan oleh pihak asuransi kepada para nasabahnya umumnya berupa biaya rawat inap, biaya obat-obatan, biaya rawat jalan hingga biaya operasi. Jenis asuransi kesehatan menjadi jenis asuransi yang populer dimiliki oleh masyarakat, hal tersebut karena kondisi kesehatan seseorang tidak dapat diperkirakan dan kapan saja seseorang bisa sakit.

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bisa memberikan perlindungan terhadap risiko cacat total atau meninggal dunia bagi seseorang yang telah memiliki asuransi jiwa. Adapun bentuk dan manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki asuransi jiwa yaitu perusahaan asuransi jiwa akan memberikan perlindungan secara finansial kepada ahli waris dalam bentuk santunan uang tunai yang besarannya sesuai dengan kesepakatan dalam perjanjian polis.

  • Asuransi pendidikan
  • Asuransi pendidikan merupakan jenis asuransi yang seperti halnya menabung untuk biaya pendidikan masa depan anak. Umumnya asuransi pendidikan ini diberikan oleh orang tua kepada anaknya. Adapun manfaat yang akan didapatkan jika memiliki asuransi pendidikan yaitu berupa pertanggungan biaya pendidikan. Keuntungan bagi orang tua jika membeli asuransi ini untuk anaknya yaitu bisa mempersiapkan biaya pendidikan anak untuk masa depannya mulai sejak dini.

  • Asuransi kendaraan
  • Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang dapat memberikan perlindungan secara finansial terhadap suatu kendaraan yang telah diasuransikan apabila terjadi kerusakan atau kehilangan. Mengasuransikan kendaraan bisa menjadi hal yang cukup penting mengingat kendaraan merupakan salah satu harga kekayaan yang rentan mengalami kerusakan dan hilang.

  • Asuransi bisnis
  • Asuransi bisnis merupakan jenis asuransi yang dapat memberikan perlindungan pada sebuah bisnis atas kerugian finansial yang mungkin saja terjadi di waktu yang akan datang. Misalnya, apabila terjadi kebakaran, pencurian, hingga musibah bencana alam. Asuransi bisnis menjadi jenis asuransi khusus yang bisa menjamin risiko tertentu yang dihadapi oleh bisnis tertentu. Untuk manfaat yang akan didapatkan dari asuransi bisnis yaitu sesuai kebutuhan masing-masing bisnis. Jadi, jika ingin membeli polis asuransi bisnis, harap membaca isi polis dengan teliti karena risiko kerugian yang akan ditanggung pihak asuransi berbeda-beda.

    Berdasarkan beberapa penjelasan tentang apa itu asuransi dan jenisnya di atas, maka bisa disimpulkan kalau asuransi adalah bentuk perlindungan secara finansial di mana nasabah atau tertanggung membagi risikonya dengan perusahaan asuransi. Jadi memiliki produk asuransi itu bisa menjadi hal yang menguntungkan bagi anda selama anda cermat dalam menentukan produk asuransi sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

    Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar