Skip to main content

Apa Itu Email Bisnis dan Apa Manfaatnya

Dalam dunia internet, email menjadi sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dan sudah menjadi kebutuhan. Hal ini dapat kita perhatikan ketika membuat sebuah akun tertentu umumnya memerlukan yang namanya email. Apalagi bagi seseorang yang memiliki bisnis online, tentunya email wajib untuk dimiliki. Email sendiri ada email gratisan dan juga ada email bisnis atau email perusahaan. Nah, bagi seorang pebisnis biasanya akan lebih pantas jika menggunakan email bisnis atau email perusahaan. Lalu, apa itu email bisnis? Apa saja manfaat dari email bisnis? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Email Bisnis dan Apa Manfaatnya

Apa Itu Email Bisnis

Apa itu business email? Email bisnis atau email perusahaan adalah email yang ditujukan untuk kepentingan bisnis dan memang sangat diperlukan terutama bagi yang memang serius dalam menjalani bisnis. Apa bedanya email bisnis dan pribadi? Email bisnis memiliki alamat email yang khas sesuai nama bisnis di mana alamat emailnya menggunakan nama domain yang digunakan untuk bisnis misalnya anda@namabisnis.com. Sementara email pribadi adalah email yang menggunakan nama domain yang disediakan oleh pemberi layanan email misalnya anda@gmail.com.

Coba anda bayangkan jika anda sebagai seorang konsumen tentunya akan melihat email bisnis sebagai email yang lebih professional dan terpercaya. Oleh karena itu, bagi anda yang menjalani sebuah bisnis dengan serius sebaiknya beralih menggunakan email bisnis agar terlihat lebih professional sehingga calon konsumen anda bisa tertarik dengan bisnis yang anda. Mungkin anda merasa bingung bagaimana cara untuk memiliki email bisnis? Nah bagi anda yang merasa bingung dan tidak mau repot membuat email bisnis sendiri, anda bisa menyerahkan urusan tersebut kepada jasa buat email perusahaan atau email bisnis. Dengan begitu anda bisa memiliki email bisnis dengan mudah dan bisa merasakan berbagai manfaat email bisnis.

Manfaat Email Bisnis

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan email bisnis untuk kepentingan bisnis atau perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang manfaat email bisnis yang dapat Anda rasakan:

1. Dapat mencerminkan bagaimana Anda mengelola bisnis

Ketika anda mempunyai kesempatan untuk membuat kesan pertama dalam sebuah pertemuan bisnis. Kemudian kontak anda dengan calon pelanggan potensial anda adalah menggunakan email, maka email anda@namabisnis.com dapat mewakili bisnis anda. Ini akan lebih baik jika dibandingkan menggunakan alamat email namabisnis@gmail.com. Mempunyai email yang tertaut ke domain yang anda gunakan untuk bisnis dapat memberikan profesionalisme dalam cara Anda menjalankan sebuah bisnis.

2. Dapat meningkatkan kepercayaan konsumen

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa alamat email bisnis dapat membantu dalam membangun kepercayaan konsumen. Alhasil, dengan menggunakan email bisnis maka konsumen akan lebih percaya untuk membuka pesan email yang anda kirimkan. Selain itu memiliki email bisnis dan situs web yang terhubung dapat menunjukkan bahwa anda sangat serius dalam berbisnis. Hal ini tentunya dapat membantu anda dalam mendapatkan kepercayaan kolega atau calon pelanggan.

3. Sebagai Sarana Branding dan alat pemasaran

Karena email bisnis menggunakan nama bisnis atau perusahaan, maka secara tidak langsung dapat membantu branding. Dengan begitu maka bisnis yang anda jalani bisa semakin dikenal banyak orang. Selain itu email bisnis juga bisa menjadi sarana pemasaran untuk mengarahkan lebih banyak traffic atau lalu lintas ke website anda. Jika anda memiliki alamat email bisnis yang terkait langsung dengan nama website, maka pelanggan bisa menggunakan nama domain sesudah@ untuk membuka website anda. Sebagai contoh johan@uangindo.com nama domain sesudah@ adalah uangindo.com.

4. Memiliki keamanan yang lebih baik

Biasanya email bisnis memiliki sistem keamanan yang lebih canggih jika dibandingkan dengan email pribadi. Jadi jika anda menggunakan email bisnis, anda dapat terlindungi dari virus, malware, ataupun orang jahat yang berusaha mencuri data lewat email.

5. Memiliki fitur yang lengkap

Selain memiliki fitur keamanan, email bisnis juga mempunyai fitur yang lebih lengkap. Sebagai contoh, email bisnis dapat mengirim pesan email ke ribuan orang per hari, fitur mengirim pesan ke puluhan orang secara sekaligus, dapat melampirkan file yang ukurannya besar, dan lain-lain.

Bagaimana, setelah anda tahu apa saja manfaat email bisnis, apakah anda tertarik untuk memiliki email bisnis agar bisnis anda makin profesional? Jika ya, maka segera miliki email bisnis, jika anda bingung cara membuatnya anda bisa mempercayakan pembuatan email bisnis kepada jasa email perusahaan. Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan, semoga penjelasan tentang apa email bisnis dan apa manfaat email bisnis di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->