Skip to main content

Pengertian Uang Kertas Kelebihan Dan Kekurangan Uang Kertas

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari yang namanya uang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan uang misalnya untuk membayar atau membeli barang maupun jasa, transaksi jual beli aset berharga, membayar hutang, dan lain-lain. Berdasarkan pembuatannya, selain uang logam ada juga yang namanya uang kertas. Nah, apa itu uang kertas dan apa sajakah kelebihan dan kekurangan uang kertas? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Uang Kertas Kelebihan Dan Kekurangan Uang Kertas

Pengertian Uang Kertas

Uang kertas adalah uang yang dicetak dalam wujud kertas yang dicantumkan nominal tertentu dengan gambar dan cap tertentu dan mendapatkan pengesahan dari bank sentral sebagai alat pembayaran. Dapat pula didefinisikan bahwa uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang dibuat dari bahan kertas atau bahan lain yang menyerupai seperti kertas. Uang kertas tidak dibuat menggunakan kertas biasa kareana bahan dari kertas biasa tidak awet dan mudah rusak jika terkena air atau dilipat. Uang kertas dibuat dengan kertas khusus dengan kualitas baik sehingga tidak mudah rusak meskipun terkena air maupun terlipat.

Indonesia sendiri sudah mengeluarkan uang kertas beberapa kali dari tahun 1945- hingga sekarang. Adapun beberapa uang kertas yang pernah dikeluarkan oleh Indonesia bisa kamu lihat pada halaman: Katalog Uang Kertas Indonesia.

Kelebihan Dan Kekurangan Uang Kertas

Apa saja kelebihan dan kekurangan uang kertas? Berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan uang kertas:

Kelebihan dari Uang Kertas

Adapun beberapa kelebihan uang kertas adalah sebagai berikut:

  • Penggunaannya lebih praktis walaupun dalam jumlah yang banyak karena tipis dan ringan.
  • Lebih ringkas, karena bentuknya tipis sehingga dapat dibawa kemanapun dengan mudah.
  • Dapat disimpan dengan mudah.
  • Lebih mudah dihitung jika dibandingkan dengan uang logam.
  • Uang kertas dapat digunakan untuk transaksi dengan denominasi besar.

Kekurangan dari Uang Kertas

Adapun beberapa kekurangan dari uang kertas diantaranya adalah:

  • Bisa melayang karena terbuat dari kertas dengan bentuk yang tipis dan ringan sehingga mudah hilang.
  • Mudah rusak karena mudah tertekuk, kusut, dan sobek.
  • Lebih rawan dipalsukan.
  • Mudah terbakar layaknya seperti kertas biasa.
  • Transaksi menggunakan uang kertas tidak cocok untuk membayar suatu barang dengan harga yang sangat murah. Sering kali ketika membeli barang dengan harga yang sangat murah lebih mudah membayar menggunakan uang receh (uang logam).
  • Berisiko sebagai sarana untuk perpindahan patogen misalnya bakteri dan virus.

Itulah penjelasan tentang pengertian uang kertas kelebihan dan kekurangan uang kertas, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kamu.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->