Skip to main content

Apa Itu Uang Elektronik Dan Manfaatnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 25, 2022

Perkembangan eknomi yang semakin pesat kini membuat sebagian besar proses pembayaran yang dilakukan beralih dari cara yang konvensional ke pembayaran menggunakan uang elektronik. Berbicara tentang uang elektronik, sebenarnya apa itu uang elektronik? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan uang elektronik? Bagi anda yang belum tahu, temukan jawabannya di sini.

Apa Itu Uang Elektronik Dan Manfaatnya

Apa Itu Uang Elektronik

Uang elektronik adalah suatu alat pembayaran yang dapat digunakan untuk menyimpan dana melalui media elektronik tertentu dan dimiliki oleh pengguna sepenuhnya. Uang elektronik ini beda dengan kartu kredit atau kartu debit yang menjadi utang dan tabungan bagi para penggunanya. Hal itu karena uang elektronik ini menjadi milik pengguna sepenuhnya, sehingga dalam penggunannya pun bisa lebih leluasa.

Lantas, siapa sajakah pihak yang membuat uang elektronik? Pihak yang membuat uang elektronik adalah Bank Indonesia. Adapun uang elektronik biasanya dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank seperti Flazz milik BCA, e-Money yang diterbitkan Mandiri, dan Brizzi dari BRI. Selain dalam bentuk kartu, ada pula uang elektronik dalam bentuk aplikasi yang mudah digunakan seperti gopay, ovo, dana dan lain-lain.

Jenis Uang Elektronik

Di Indonesia terdapat 2 jenis uang elektronik berdasarkan media penggunaannya. Berikut ini adalah penjelasan dari 2 jenis uang elektronik tersebut.

1. Uang elektronik yang tersimpan di kartu

Uang elektronik dalam kartu tersimpan pada sebuah chip yang terpasang di dalam sebuah kartu. Pemilik kartu dapat menggunakan uang elektronik tersebut secara langsung di tempat-tempat yang telah menyediakan mesinnya, tanpa harus menggunakan jaringan internet.

2. Uang elektronik yang tersimpan di aplikasi

Uang elektronik dalam aplikasi, sebenarnya uangnya tersimpan dalam sebuah server. Dalam penggunaannya, anda mengirim uang ke sebuah server terlebih dahulu, sehingga nantinya anda bisa menggunakan uang elektronik tersebut dengan mengakses aplikasi yang terkoneksi ke jaringan internet.

Manfaat Uang Elektronik

Adapun beberapa manfaat penggunaan uang elektronik adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah pembayaran jarak jauh

Uang elektronik yang tersedia di dalam sebuah aplikasi dapat memungkinkan melakukan pembayaran jarak jauh. Hanya dalam waktu sekejap saja uang bisa terkirim dengan cepat. Sehingga, untuk melakukan pembayaran anda tidak perlu datang ke tempatnya langsung.

2. Tidak perlu repot membawa banyak uang tunai

Bagi sebagian orang mungkin membwa uang tunai dalam jumlah banyak saat ke luar rumah akan merasa cemas dan khawatir kalau uangnya hilang atau diambil orang. Nah, dengan hadirnya uang elektronik ini uang banyak pun menjadi lebih ringkas karena tersimpan dalam sebuah kartu atau aplikasi.

3. Membuat transaksi lebih cepat

Keberadaan uang elektronik ini bisa membuat transaksi atau pembayaran lebih cepat sehingga lebih hemat waktu. Untuk melakukan suatu pembayaran anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai dan menyesuaikan jumlah uang tunai tersebut dengan jumlah tagihan. Cukup dengan tap dan memasukkan PIN, maka pembayaran akan selesai waktu itu juga.

4. Tidak dipusingkan dengan uang kembalian

Masalah yang sering dialami saat melakukan pembayaran dengan uang tunai adalah uang kembalian. Terkadang uang kembalian tidak tersedia sehingga penjual harus mencari uang kembalian dulu.

5. Dapat digunakan untuk berbagai pembayaran

Uang elektronik dapat diguankan untuk berbagai macam pembayaran. Sebagai contoh uang elektronik dalam aplikasi dapat digunakan untuk membeli token listrik, beli tiket pesawat, bayar berbagai tagihan, membayar asuransi, dan lain-lain.

6. Transaksi bisa tercatat secara lengkap

Transaksi mengguankan uang elektronik tentunya akan tercatat secara lengkap, tanpa ada yang kelewatan. Dengan begitu anda akan bisa tahu dari mana dan ke mana uang digunakan.

7. Ada promo menarik

Biasanya provider uang elektronik di waktu-waktu tertentu memberikan promo menarik bagi penggunanya, seperti diskon belanja atau cascback berbelanja atau melakukan suatu transaksi.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang apa itu uang elektronik dan manfaatnya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar