Skip to main content

Tips Memilih Ekspedisi Kirim Mobil

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 11, 2024

Setelah sebelumnya kami membagikan tips tentang cara mempersiapkan pengiriman mobil ke luar kota dan antar pulau, kali ini kami ingin berbagi tips tentang bagaimana memilih dan menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim mobil Anda.

Tips Memilih Ekspedisi Kirim Mobil

Tips Memilih Ekspedisi Kirim Mobil Terpercaya

Selain mencari harga yang terjangkau, tips ini juga bertujuan untuk membantu Anda menemukan ekspedisi yang aman dan terpercaya.

1. Periksa Jangkauan Pengiriman Ekspedisi

Setiap ekspedisi memiliki jangkauan pengiriman yang berbeda. Jika Anda berencana untuk mengirim mobil ke luar pulau, pastikan untuk menggunakan layanan ekspedisi yang memiliki jangkauan pengiriman yang luas. Misalnya, mencari ekspedisi yang dapat mengirim mobil dari Jawa ke Kalimantan, Sulawesi, atau Sumatera.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa prosedur operasional standar (SOP) yang digunakan oleh ekspedisi tersebut dalam melayani pengiriman mobil. Pastikan mereka memiliki SOP yang sesuai dengan standar keamanan dan keandalan.

Dengan memeriksa jangkauan pengiriman dan SOP ekspedisi, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda akan dikirim dengan aman dan tepat waktu ke tujuan yang diinginkan.

2. Fasilitas dan Sarana yang Memadai

Penting untuk memastikan bahwa ekspedisi yang Anda pilih memiliki fasilitas dan sarana yang memadai untuk mendukung kebutuhan pengiriman mobil Anda. Beberapa fasilitas yang penting untuk dipertimbangkan termasuk:

  1. Fitur Pelacakan: Pastikan ekspedisi menyediakan fitur pelacakan yang memungkinkan Anda untuk melacak status pengiriman menggunakan nomor resi. Ini akan memberikan Anda kepastian dan kemudahan dalam memantau perjalanan mobil Anda.
  2. Cek Tarif: Periksa apakah ekspedisi memiliki fitur cek tarif yang memungkinkan Anda untuk mengetahui biaya pengiriman mobil dari dan ke lokasi tujuan Anda. Meskipun tidak semua ekspedisi memiliki fasilitas ini, memiliki kemampuan untuk memeriksa tarif dapat membantu Anda merencanakan anggaran pengiriman dengan lebih baik.

Selain itu, beberapa fasilitas tambahan seperti layanan packing mobil, asuransi pengiriman, dan tenaga ahli untuk proses bongkar muat mobil juga dapat menjadi pertimbangan penting.

3. Pilih Jenis Transportasi yang Tepat

Ada beberapa jenis transportasi yang biasanya digunakan dalam pengiriman mobil, antara lain:

  1. Car Carrier: Pengiriman mobil dengan mengumpulkan mobil ke dalam truk besar. Ini adalah pilihan umum untuk pengiriman dalam jumlah besar.
  2. Towing: Pengiriman mobil menggunakan satu truk, di mana mobil tidak dicampur dengan kendaraan lain. Cocok untuk pengiriman satu mobil atau sedikit.
  3. Kontainer: Pengiriman mobil yang disimpan dalam peti kemas, biasanya digunakan untuk pengiriman antar pulau atau provinsi.
  4. Self-driver: Pengiriman di mana pemilik mobil sendiri yang mengemudikan mobilnya ke tujuan.
  5. Kontainer: Pengiriman mobil yang disimpan dalam peti kemas (container), sering digunakan untuk pengiriman ke luar pulau atau antar provinsi.

4. Pilih Layanan dengan Biaya Sesuai Anggaran

Pilihlah layanan pengiriman yang sesuai dengan anggaran Anda. Jasa pengiriman port to port biasanya lebih murah, sementara jasa door to door menawarkan kenyamanan ekstra dengan mengirimkan mobil langsung dari alamat pengirim ke alamat tujuan.

Port to port mengacu pada pengiriman dari pelabuhan ke pelabuhan, sementara door to door adalah pengiriman dari alamat konsumen langsung ke alamat tujuan yang diinginkan.

Dengan mempertimbangkan jenis transportasi yang tepat dan memilih layanan sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat menemukan ekspedisi yang cocok untuk kebutuhan pengiriman mobil Anda.

5. Perhatikan Jadwal Pengiriman Mobil

Sangat penting untuk memperhatikan jadwal pengiriman mobil, terutama pada hari-hari tertentu yang dapat mengalami kelebihan permintaan seperti hari raya, Natal, akhir tahun, dan perayaan lainnya.

Disarankan untuk menghindari pengiriman pada hari-hari tersebut karena ekspedisi mungkin mengalami kelebihan beban, yang dapat mengakibatkan peningkatan risiko kesalahan dan penurunan kualitas layanan.

6. Dampingi Petugas Ekspedisi

Ketika Anda mengirim mobil, sangat disarankan untuk mendampingi petugas ekspedisi dalam setiap tahapan proses pengiriman, mulai dari pengepakan mobil, pengisian dan pengosongan mobil, hingga pengiriman.

Mendampingi petugas memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa mobil Anda ditangani dengan baik dan dapat memberikan umpan balik secara langsung jika diperlukan. Anda juga dapat menggunakan nomor resi untuk melacak status pengiriman secara real-time.

7. Gunakan Asuransi Pengiriman Mobil yang Terpercaya

Salah satu cara untuk memastikan pengiriman mobil Anda aman adalah dengan menggunakan jasa asuransi yang terpercaya seperti ABB atau penyedia asuransi lainnya. Ekspedisi yang bekerja sama dengan penyedia asuransi tersebut biasanya dapat menawarkan harga yang lebih murah kepada Anda, sambil memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman.

8. Cocokkan Data pada Surat Jalan Pengiriman Mobil

Pastikan setiap detail pada surat jalan pengiriman mobil terisi dengan benar sesuai kesepakatan dan kondisi mobil yang akan Anda kirim. Hal ini akan membantu menghindari kebingungan atau kesalahan dalam proses pengiriman.

9. Pilih Ekspedisi dengan Reputasi yang Baik

Saat memilih ekspedisi untuk mengirim mobil Anda, penting untuk memperhatikan reputasi mereka. Anda dapat melihat reputasi ekspedisi melalui platform seperti kargo.co.id, dimana Anda dapat menemukan ulasan dan penilaian dari pengguna sebelumnya.

Reputasi ekspedisi dapat membantu Anda memilih layanan yang dapat diandalkan dan aman untuk pengiriman mobil Anda.

Anda ingin memastikan mobil Anda dikirim dengan aman dan tepat waktu, bukan? TrawLbens hadir untuk menjawab kebutuhan pengiriman mobil Anda dengan jasa kirim mobil yang andal dan profesional.

Dengan tim ahli yang berpengalaman dalam industri pengiriman, TrawLbens menawarkan solusi yang terpercaya dan efisien untuk mengantarkan mobil Anda ke tujuan dengan sempurna. Nikmati pengalaman pengiriman yang tanpa khawatir dengan TrawLbens - pilihan terbaik untuk mengirim mobil Anda dengan kenyamanan dan keamanan yang tak tertandingi.

Newest Post
Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar