Skip to main content

Pohon Trembesi Untuk Penghijauan dengan Berbagai Manfaatnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 08, 2024

Pohon trembesi merupakan pohon yang banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan raya maupun di sudut-sudut taman kota. Pohon Trembesi memiliki nama latin samanea saman, yang memiliki ciri khas ranting yang melebar. Karena memiliki ranting yang melebar maka pohon trembesi banyak difungsikan sebagai pohon peneduh.

Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan Pohon Trembesi Untuk Penghijauan, karena dapat menyerap karbondioksida (CO2) dengan baik. Sehingga tidak heran, jika dalam berbagai gerakan penghijauan lingkungan, pohon trembesi sering dijadikan sebagai pilihan utama untuk ditanam secara besar-besaran. Hal tersebut karena pohon trembesi dapat memperbaiki kualitas udara di lingkungan perkotaan maupun industri. Bukan hanya itu saja, pohon trembesi juga memiliki banyak manfaat yang lainnya, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut sampai selesai.

Pohon Trembesi Untuk Penghijauan dengan Berbagai Manfaatnya

Manfaat Pohon Trembesi

Adapun beberapa manfaat dari pohon trembesi diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Manfaat Ekologi

Pohon Trembesi memiliki beragam manfaat ekologi yang secara signifikan, diantaranya adalah:

  • Untuk Penghijauan
  • Pohon trembesi adalah pohon yang baik untuk penghijauan karena bisa mengurangi suhu panas di daerah perkotaan. Dengan tajuk yang luas dan rindang membuat pohon trembesi ini sangat efektif digunakan untuk mengurangi polusi udara. Sehingga, udara yang ada di sekitar bisa menjadi lebih sejuk bersih dan sehat. Selain itu, karena memiliki ranting yang panjang dan daun yang rindang maka pohon trembesi bisa memberikan tempat berteduh yang nyaman untuk berkumpul maupun beraktivitas.

    Pohon Trembesi Untuk Penghijauan dengan Berbagai Manfaatnya
  • Penyimpanan Karbon Dioksida
  • Pohon trembesi memiliki peranan yang sangat penting dalam siklus karbon. Hal tersebut karena kemampuannya yang baik dalam menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara dan menyimpannya. Dengan demikian, maka pohon trembesi ddapat membantu dalammengurangi dampak perubahan iklim dan juga polusi udara.

  • Habitat untuk Satwa Liar
  • Manfaat lain dari pohon trembesi untuk lingkungan ialah sebagai habitat bagi satwa liar seperti burung, serangga dan hewan kecil lainnya. Beberapa satwwa tersebut ada yang membuat sarang di pohon trembesi ada juga yang cari makan.

2. Manfaat Sosial dan Budaya

Selain manfaat ekologi, pohon Trembesi juga memiliki beberapa manfaat sosial dan budaya. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Tempat Untuk Berkumpul
  • Sering kali pohon trembesi yang sudah tumbuh besar dan rindang dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul atau mengadakan pertemuan sosial untuk melakukan suatu aktivitas tertentu. Hal tersebut terjadi karena pohon trembesi bisa membuat tempat menjadi terasa nyaman dan sejuk sehingga banyak yang suka.

  • Tradisi dan Mitos Lokal
  • Pohon trembesi dalam beberapa budaya memiliki peran penting dalam mitologi maupun tradisi lokal. Beberapa masyarakat banyak yang menganggap kalau pohon trembesi merupakan pohon suci yang mempunyai makna secara khusus dalam budaya setempat.

3. Manfaat Ekonomi

Dari segi ekonomi, manfaat dari pohon trembesi diantaranya yaitu:

  • Kayu yang Berkualitas
  • Pohon trembesi memiliki kayu yang bernilai ekonomi bagus. Hal itu karena kayunya yang terkenal kuat dan awet. Kayu trembesi banyak digunakan untuk berbagai industri termasuk untuk kebutuhan kontruksi, untuk perabotan maupun untuk industri kayu yang lainnya.

  • Makanan Hewan Ternak
  • Daun dan buah dari pohon trembesi dapat menjadi makanan yang baik untuk hewan ternak seperti kambing dan sapi.

Itulah penjelasan tentang pohon trembesi untuk penghijauan dengan berbagai manfaatnya. Nah, jika kamu mulai tertarik untuk membeli dan menanam pohon trembesi yang berkualitas unggul, kamu bisa mempercayakannya pada Agrotani Sejahtera. Agrotani Sejahtera merupakan salah satu perusahaan penjual tanaman yang terpercaya se Indonesia yang salah satunya adalah Jual Pohon Trembesi yang terpercaya dan bergaransi.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar