Skip to main content

Manfaat Teknologi Informasi Di Bidang Ekonomi

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - September 11, 2023

Perkembangan Teknologi telah memberikan banyak perubahan bagi kehidupan kita di berbagai bidang. Perubahan tersebut tidak terkecuali pada bidang ekonomi. Dimana dengan memanfaatkan teknologi, para pelaku ekonomi bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam melakukan aktivitasnya. Adapun beberapa manfaat teknologi informasi dalam bidang ekonomi diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Teknologi Informasi Di Bidang Ekonomi

Melakukan Pemasaran Secara Online

Teknologi yang semakin maju tentu dapat memberikan manfaat bagi para produsen maupun distributor dalam memasarkan produknya. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada mereka tidak perlu repot-repot berkeliling untuk memasarkan produknya kepada orang banyak. Hanya bermodalkan perangkat yang terkoneksi internet mereka bisa memasarkan produknya secara online melalui media sosial maupun melalui website. Dengan begitu maka produk bisa diketahui secara luas oleh banyak orang, bahkan bisa dikenal sampai ke luar negeri. Selain itu, biaya yang dikeluarkannya pun relatif lebih rendah apabila dibandingkan dengan memasang iklan pada media yang lain.

Bisa Transaksi Jarak Jauh

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada maka para konsumen tidak perlu bersusah payah datang ke toko untuk mencari barang maupun jasa yang diperlukan. Hanya dengan bermodalkan perangkat yang terkoneksi internet, konsumen bisa bertransaksi atas barang yang dibelinya dari jarak jauh.

Bekerja Secara Online

Berkat kecanggihan Teknologi Informasi, bekerja tidak harus keluar rumah karena bisa dilakukan secara online di rumah di depan komputer atau gadget sambil mendengarkan musik. Hal yang dibutuhkan dalam bekerja online adalah keahlian dan pengetahuan yang cukup dalam bidang internet seperti menggunakan media sosial maupun marketplace untuk memasarkan produk, membuat website untuk memasarkan produk, mengiklankan produk melalui iklan berbayar di berbagai platform dan lain-lain.

Penerimaan Karyawan secara Online

Tanpa adanya karyawan maka perusahaan tidak akan bisa jalan. Untuk mendapatkan karyawan dengan cepat, perusahaan bisa menginformasikan lewat website. Dengan begitu informasi akan lebih cepat diketahui oleh para calon karyawan jika dibanding informasi yang tertera pada selembar kertas yang ditempel di pinggir jalan atau di papan pengumuman.

Memudahkan dalam Administrasi Keuangan

Profesi sebagai akuntan tentu memerlukan sebuah ketelitian yang tinggi untuk membuat sebuah laporan keuangan. Untuk menghitung deretan angka, seorang akuntan bisa memerlukan banyak waktu jika dilakukan secara manual menggunakan kalkulator. Selain itu, bisa juga hal tersebut terjadi kesalahan. Dengan kemajuan teknologi informasi, pekerjaan akuntan menjadi lebih mudah hanya dengan menginputkan deretan angka ke dalam sebuah aplikasi maka laporan keuangan bisa terhitung secara otomatis dengan cepat.

Memudahkan Transaksi Perbankan bagi Nasabah

Mengantre hingga berjam-jam hanya untuk menarik uang tabungan di bank menjadi salah satu hal yang menyebalkan. Akan tetapi, hadirnya teknologi kartu ATM maka nasabah bank tidak perlu antre di bank untuk menarik uang. Cukup datang ke mesin ATM lalu memasukkan kartu dan pin maka uang bisa ditarik dengan cepat. Selain itu, canggihnya perkembangan teknologi informasi saat ini, menarik uang di mesin ATM bisa dilakukan dengan teknologi digital dari aplikasi perbankan.

Itulah beberapa manfaat teknologi informasi di bidang ekonomi. Selain beberapa manfaat di atas, sebenarnya masih ada banyak manfaat teknologi informasi dalam bidang ekonomi yang lainnya. Pada intinya teknologi informasi dapat membantu kegiatan perekonomian agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar