Skip to main content

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Mudah Dilakukan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Agustus 06, 2023

Bagi seorang mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan tidak bergantung dengan orang tua, mungkin membuaka bisnis dapat menjadi salah satu cara untuk mendambah penghasilan. Dengan cara membuka bisnis, maka mahasiswa bisa mengembangkan kecerdasan dan kreativitasnya dalam berwirausaha. Lalu, kira-kira apa saja ide bisnis untuk mahasiswa yang tepat? Nah, bagi kamu para mahasiswa yang ingin membuka bisnis berikut ini penjelasan yang mungkin bisa membantu.

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Adapun beberapa ide bisnis yang dapat dibuka dan dijalankan oleh mahasiswa dengan modal yang minim tetapi memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan diantaranya adalah sebagai berikut:

Jasa Les Privat

Banyak diantara mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam bidang akademik. Dimana kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis les privat. Mahasiswa dapat memberikan pelajaran privat dengan biaya yang terjangkau kepada para siswa SD, SMP, maupun SMA.

Jasa Mengetik

Mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam mengetik cepat dan akurat dapat membuka bisnis jasa mengetik. Tentunya bisnis ini cocok bagi mahasiswa karena bisa dilakukan dikala waktunya sedang senggang.

Jualan Online

Mahasiswa dapat menjalankan bisnis jualan online di waktu senggangnya dengan modal yang minim. Misalnya mahasiswa dapat menjual berbagai produk seperti pakaian, jilbab, aksesoris, makanan maupun minuman.

Jasa Desain Grafis

Mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam bidang desain grafis dapat membuka bisnis jasa desain grafis. Peluang bisnis ini cukup besar karena ada banyak permintaan desain grafis untuk kebutuhan bisnis maupun non bisnis.

Jasa Fotografi

Mahasiswa yang mempunyai hobi fotografi dapat memanfaatkan hobinya tersebut untuk membuka bisnis jasa fotografi. Peluang bisnis ini cukup besar karena ada banyak acara yang memerlukan jasa fotografi, misalnya untuk acara wisuda, acara pernikahan dan berbagai acara penting yang lain.

Jasa Editing Video

Mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam bidang editing video dapat memanfaatkan kemampuannya untuk membuka bisnis jasa editing video. Peluang bisnis ini cukup besar karena ada banyak permintaan editing video untuk kebutuhan bisnis maupun non-bisnis.

Jasa Penulis Konten

Bagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan menulis dengan baik dan menguasai beberapa topik, mungkin membuka bisnis menulis konten dapat menjadi pilihan tepat. Bisnis ini mempunyai peluang cukup besar karena ada banyak permintaan pembuatan artikel untuk berbagai keperluan seperti untuk blog atau website, maupun untuk media sosial.

Menjadi Seorang Blogger

Ide bisnis yang juga dapat dilakukan oleh mahasiswa yang cukup potensial adalah menjadi seorang blogger. Mungkin banyak yang beranggapan bhwa menjadi blogger hanya menulis artikel tentang topic tertentu saja. Akan tetapi, profesi blogger kini banyak diminati karena juga bisa menghasilkan banyak uang. Lantas dari mana seorang blogger bisa memperoleh penghasilan? Penghasilannya bisa dari iklan banner yang dipasang di blog seperti iklan google adsense, mgid, adsterra, maupun iklan yang lainnya. Akan tetapi, sebelum pemasangan iklan, pastikan blog telah teroptimasi dengan baik dan mempunyai trafik kunjungan yang tinggi. Selain itu, penghasilan juga bisa didapat mellaui program afiliasi atau bisa juga dari mempromosikan suatu produk pada postingan, atau menerima content placement dari suatu brand untuk mempromosikan brand tersebut.

Itulah penjelasan tentang beberapa Ide bisnis untuk mahasiswa yang mudah dilakukan. Apabila kamu ingin mendapat informasi menarik tentang bisnis dan keuangan yang lain, kamu dapat mengunjungi situs web sekadarinfo.com. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar