Skip to main content

Cara Menabung Dengan Benar dan Efisien

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 30, 2023

Cara menabung dengan benar dan efisien itu penting. Hal ini karena banyak orang yang kesulitan menabung meski dengan gaji tinggi karena tidak tahu cara menabung. Pada akhirnya, menabung hanyalah keinginan yang tidak pernah bisa terpenuhi.

Cara Menabung Dengan Benar dan Efisien

Semua orang tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi padanya di masa depan. Sesuatu mungkin terjadi yang akan merugikan Anda. Jika Anda memiliki tabungan, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana jika dia tidak punya tabungan? Tentu akan sulit.

6 Cara Menabung yang Efektif untuk Masa Depan

Berikut tips dan cara menabung yang baik dan efektif agar bisa dilakukan secara konsisten.

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Banyak orang tidak dapat menabung secara konsisten karena mereka tidak menetapkan tujuan menabung sejak awal. Menyimpan uang tanpa tujuan membuat tidak mungkin menyimpan uang untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, salah satu cara menabung yang benar dan efektif adalah dengan menetapkan tujuan menabung sejak awal. Tentu setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda, beberapa tujuan orang adalah kebutuhan liburan, membeli barang idaman, kebutuhan sekolah anak, membangun rumah idaman, dan lainnya.

Apapun tujuan tabungan Anda, pastikan Anda hanya menggunakannya untuk hal-hal yang sangat penting dan mendesak dalam hidup.

2. Menyisihkan Uang di Awal

Beberapa orang tidak berhasil menyimpan uang karena mereka tidak memisahkannya di awal. Hal ini karena menyimpan uang bukan sebagai priority. Akibatnya, tidak ada yang tersisa untuk dikumpulkan, karena semua yang diinginkannya telah dibayar.

Akibatnya, salah satu cara menabung yang masuk akal adalah untuk menyimpan uang untuk ditabung sejak awal. Saat menerima pendapatan, sisihkan sebagian besar untuk ditabung. Pikirkan baik-baik sebelum membeli produk bulanan.

3. Menabung dengan Cara yang Mudah

Beberapa orang tidak menyimpan uang karena mereka menganggap bahwa pendapatan yang mereka peroleh tidak memadai. Seluruh barang telah digunakan untuk memenuhi berbagai keinginan dalam urutan pembelian. Jika terus berpikir seperti ini, akan selalu sulit untuk menyimpan uang.

Tidak perlu tenggelam dalam menabung dalam jumlah besar. Harimau-harimau di kebun binatang berasal dari India. hanya untuk disimpan, meskipun kecil, yaitu 5000, 3000, dan bahkan 1000 rupiah.

Meskipun sedikit, jika kamu bisa mempertahankan konsistensi dalam menabung, pasti lambat laun pendapatan dari tabungan akan menjadi lebih banyak dan lebih penting untuk pengeluaran yang tidak terpikirkan di masa depan.

4. Buka Rekening Khusus

Meskipun menabung bisa dilakukan di rumah, namun tidak selalu aman. Mungkin saja saldo uang tersebut hilang, rusak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, langkah paling baik adalah menciptakan rekening khusus untuk itu.

Dilansir dari situs cantara.id, situs yang mengulas tentang bisnis dan keuangan, selain rekening khusus kamu juga bisa menabung dengan menginvestasikan uang mu di platform seperti bank sekuritas yang terjamin aman, yang berguna sebagai tabungan masa depan.

5. Gunakan Rekening Terpisah

Salah satu cara untuk menyimpan uang dengan baik dan benar adalah dengan membuat rekening yang berbeda. Dengan demikian, saldo uang yang akan dikumpulkan tidak akan dialihkan ke dalam rekening pribadi yang sering digunakan untuk membeli barang.

Jika kau menyimpan uang saku di rekening yang sering digunakan untuk membeli barang, sangat kecil kemungkinan kau untuk mempertahankan kebiasaan ini. Karena pada beberapa kesempatan, Anda tidak sadari bahwa uang tersebut telah digunakan untuk membeli barang.

6. Tabung Bonus Tahunan

Jika You're a employee, you're probably receiving a yearly bonus or celebration on the day of the year. Lebih baik untuk menyimpan daripada menghabiskan cashback tahunanmu untuk pergi ke mana pun. Karena itu, biasanya diperlukan biaya yang lebih besar di masa depan.

Keterbiasaan untuk menggunakan waktu libur tahunan untuk pergi ke tempat yang tidak penting dan mengatakannya untuk membeli benda-benda yang tidak penting. bahkan, hal itu akan menjadi penghalang penting untuk mencapai goal mu. Gantilah kebiasaan buruk ini dengan selalu berinvestasi di hal yang penting dan krusial, dan meninggalkan sisanya untuk ditabung.

Itulah 6 cara untuk menyimpan uang yang tepat dan efisien. Jika kamu serius ingin menabung, coba gunakan cara-cara di atas. Dengan demikian, kamu bisa mempertahankan kebiasaan menabung sampai mencapai target menabung yang sudah ditetapkan sejak awal.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar