Skip to main content

Contoh-Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Manusia

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 17, 2023

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan terkait manfaat-manfaat AI dalam aktifitas manusia seperti efisiensi, efektifitas, dan otomatisasi yang berulang. Namun, seperti apa contoh penerapan kecerdasan buatan ini sehingga manusia dapat merasakan manfaat-manfaat tersebut?

Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI)

1. Algoritma Mesin Pencari

Mesin pencari yang sering dijumpai contohnya Google Search milik Google dan Bing milik Yahoo. Pada dasarnya kedua teknologi ini sudah menerapkan kecerdasan buatan dimana mampu merekam aktifitas yang dilakukan oleh user atau pengguna melalui internetnya. Hal ini mendorong pada terbentuknya big data pada mesin pencari, yang mengakumulasi informasi dari seluruh penggunanya. Contohnya, disaat pengguna menggunakan mesin pencari dan mulai mengetik kata kunci, maka mesin pencari otomatis memberikan rekomendasi infromasi berupa artikel dari berbagai web atau blog.

2. Asisten Virtual

Sama halnya dengan mesin pencari, asisten virtual menjadi lebih praktis dalam pengemasannya. Contohnya ChatGPT dan OpenAI yang mengemas data berupa informasi dan pengetahuan kedalam sebuah mesin percakapan. Artinya, jika user atau pengguna memberikan pertanyaan atau perintah, maka mesin akan otomatis memberikan jawaban dengan sumber-sumber berdasarkan informasi yang dimilikinya.

3. Big Data GPS

Contoh penerapan AI berikutnya yaitu big data pada Global Positioning System (GPS). AI mengumpulkan informasi terkait posisi dari suatu objek dan trail atau lintasan dengan keakuratan yang tinggi. Contohnya, pada teknologi Google Maps yang memungkinkan pengguna mengetahui jalan yang macet dan alternatif-alternatif jalannya. Teknologi ini yang kemudian diintegrasikan pada berbagai start up yang membutuhkan big data tentang lalu lintas seperti ojek online (Gojek, Maxim, Grab).

4. Self-Correction

Teknologi Self-Correction merupakan contoh penerapan AI dengan manfaat meminimalisir kesalahan. Koreksi yang diberikan oleh AI disebabkan informasi yang di input user atau pengguna tidak sesuai kebenarannya atau bertentangan dengan informasi yang dimiliki AI. Contohnya, otomatisasi yang ada pada keyboard smartphones dan auto¬-correction pada Microsoft Word.

5. Sensor Mobil

Penerapan AI juga ada pada dunia otomotif. Hari ini Tesla dan berbagai perusahaan otomotif tengah mengembangkan pengintegrasian AI untuk kemudahan dalam penggunaan kendaraan. Contohnya mobil yang mampu berhenti secara otomatis dengan adanya teknologi sensor.

6. Virtual Customer Service

Cara kerja virtual customer service tidak jauh berbeda dengan asisten virtual. Hanya saja, virtual customer service digunakan sebagai otomatisasi dalam memberikan pelayanan kepada customer. Contohnya jika customer memiliki kendala dan mencoba menghubungi customer service (CS), seringkali justru hanya diberi rekomendasi artikel oleh AI terkait keluhan customer tersebut.

7. Machine Learning

Contoh berikutnya yaitu Machine Learning atau pembelajaran dengan mesin. Ini merupakan contoh bentuk implementasi AI dalam dunia pendidikan. Masih banyak sekali penerapan AI dalam kehidupan manusia. Tentu saja, hal ini dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan manusia.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar