Skip to main content

Strategi Promosi yang Efektif untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 24, 2023

Strategi promosi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan harus dilakukan dengan perencanaan dan implementasi yang tepat. Perlu Anda ketahui, saat ini ada banyak jenis strategi promosi untuk meningkatkan loyalty dan kepuasan pelanggan. Mau tahu apa saja? Terus simak ulasan di bawah ini!

Strategi Promosi yang Efektif untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Baca Juga: Yuk, Ketahui Indikator Loyalitas Pelanggan Secara Tepat di Sini!

Program Loyalty Point

Dengan program ini, pelanggan memiliki kesempatan untuk mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan hadiah, produk bahkan berbagai layanan gratis. Ini menjadi salah satu strategi promosi paling umum dan paling sering dilakukan pebisnis guna meningkatkan loyalitas pelanggan. Biasanya program dilakukan menggunakan sistem kartu.

Tingkatan/Loyalty Tier Program

Strategi promosi satu ini tidak jauh berbeda dengan program poin, di mana pelanggan bisa mendapatkan poin dengan pembelian yang telah dilakukan. Hanya saja, strategi ini lebih mengutamakan status pelanggan sebagai advokat dan hanya pelanggan dengan poin terbanyaklah yang dipilih.

Menggunakan status tingkatan dalam program ini berguna untuk memastikan nilai nyata bagi pelanggan. Di mana pelanggan akan terpancing untuk mengumpulkan poin semakin banyak agar bisa ditukarkan dengan diskon, tiket nonton, potongan harga dan lain sebagainya.

Partnership

Strategi promosi ini akan memberikan banyak keuntungan terhadap pelanggan. Biasanya pelaku bisnis memberikan program partnership dalam bentuk software. Seorang pelanggan yang memiliki pengaruh penting, khususnya dalam dunia maya memiliki kesempatan lebih besar untuk berpartisipasi dalam promosi.

Pasalnya, pelanggan bisa mempromosikan produk dan membantu brand bisnis sekaligus bisa mendapatkan berbagai hadiah sesuai kesepakatan. Contoh sederhana program ini ialah sistem endorsement yang marah hari ini.

Event terbatas

Program promosi ini bisa dilakukan untuk pribadi maupun publik. Hanya saja, biasanya event terbatas akan diberikan pada acara khusus saat akhir tahun. Pada waktu inilah Anda bisa memberikan manfaat besar bagi pelanggan setia, misalnya dengan menyediakan diskon besar-besaran, memberikan undian dan lain sebagainya.

Itulah sedikit ulasan mengenai strategi promosi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang bisa Anda bangun dan kembangkan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mengupayakan pertumbuhan usaha.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar