Skip to main content

Wajib Tahu, Ini 3 Cara Content Analysis

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 30, 2022

Apakah Anda tahu bagaimana caranya melakukan content analysis? Aktivitas ini umum dilakukan oleh para pegiat sosial media dalam meningkatkan pengikut akun mereka. Dalam prosesnya Anda akan melalui beberapa metode.

Cara Content Analysis

Lantas, apa saja cara menganalisis konten pada sosial media?

Cara Analisis Konten

• rediktif

Berdasarkan namanya, Anda melakukan analisis dengan memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Dari analisis tersebut, Anda memprediksi kira-kira apa hal yang kemungkinan jadi tren dan kapan waktu terbaik untuk membuat konten tersebut.

• Deskriptif

Ini merupakan cara paling dasar dan paling banyak dilakukan. Dengan cara ini, Anda perlu mengumpulkan data-data berbentuk laporan, dokumen, visual, dan lainnya.

Dari analisis deskriptif, Anda dapat menggunakannya sebagai alat identifikasi terhadap tema atau topik yang sedang tren.

• Preskriptif

Merupakan kebalikan dari prediktif, di sini Anda dapat menentukan beragam rekomendasi mengenai tindakan yang harus dilakukan saat dihadapkan dengan sebuah kasus.

Pentingnya Analisis Konten

Apa pentingnya content analysis? Menjalankan bisnis dengan sosial media tak hanya sekadar posting dan promosi saja, tetapi ada hal-hal yang perlu dianalisis di baliknya.

Analisis tersebut tentunya akan berguna di kemudian hari sebagai langkah untuk meningkatkan pertumbuhan akun sosial media, merancang strategi pemasaran, hingga memperluas jangkauan konsumen.Memang tidak mudah, tapi dengan MataMaya semuanya bisa tercapai berkat alat dan strategi timnya yang matang.Itulah penjelasan cara menganalisis pada content analysis, semoga bermanfaat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar