Skip to main content

Tips Memilih Jasa Penerjemah Tersumpah

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 14, 2022

Jasa penerjemah tersumpah tentu sangat dibutuhkan bagi anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Apalagi ketika ingin mengenalkan suatu perusahaan di kacah Internasional. Tentunya hal ini mengharuskan anda untuk mampu mengenalkan perusahaan tersebut menggunakan berbagai bahasa. Nah, untuk memudahkan pekerjaan tersebut maka bantuan dari jasa penerjemah tersumpah seperti Penerjemah Tersumpah Tangerang sangat diperlukan.

Tips Memilih Jasa Penerjemah Tersumpah

Apa itu Penerjemah Tersumpah?

Ada baiknya anda memahami tentang penerjemah tersumpah sebelum anda menggunakan jasanya. Penerjemah tersumpah adalah sebutan untuk seseorang ahli bahasa yang telah berkiprah dalam bidang penerjemahan dengan melalui berbagai macam tes kualifikasi penerjemahan dan telah berhasil lulus dengan nilai minimal 80. Setelah dinyatakan lulus dari kualifikasi, kemudian mereka akan mendapatkan sertifikat resmi dari Himpunan Penerjemah Indonesia. Selain itu, mereka juga harus disahkan pengukuhannya dengan diambil sumpahnya di depan Gubernur DKI Jakarta. Setelah melalui serangkaian prosedur tersebut barulah berstatus sebagai jasa penerjemah tersumpah dan diperbolehkan untuk membuka layanan.

Penerjemah tersumpah berbeda dengan penerjemah biasa. Perbedaannya terletak pada bidang yang diterjemahkannya. Penerjemah biasa menerjemahkan hal-hal yang bersifat umum, sedangkan penerjemah tersumpah menerjemahkan hal-hal yang ada kaitannya dengan legalitas. Untuk bisa menjadi penerjemah tersumpah tentu bukanlah hal yang mudah Karena harus melalui berbagai tes dan uji coba. Dengan berbagai tes dan uji coba yang dilalui maka dapat dipastikan kemampuan penerjemah tersumpah dalam menerjemahkan bahasa dijamin bagus.

Fungsi Penerjemah Tersumpah

Adapun fungsi penerjemah tersumpah adalah untuk membantu dalam menyelesaikan masalah administratif dalam lingkup Internasional baik itu mencakup kepentingan personal, perusahaan tertentu hingga pemerintahan. Secara umum fungsi penerjemah tersumpah yaitu menerjemahkan dokumen legal , contohnya SIUP, akta pendiran, dokumen finansial, dokumen akademis, dokumen pribadi, dokumen teknikal, hingga untuk dokumen legalisasi.

Tips Memilih Jasa Penerjemah Tersumpah

Jasa penerjemah tersumpah kini dapat dengan mudah anda temukan. Ada banyak layanan jasa penerjemah tersumpah yang tersedia secara online maupun offline, dari harga yang murah hingga yang mahal. Akan tetapi, sebelum anda memutuskan menggunakan jasa penerjemah tersumpah ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Memiliki Standar Operasional

Pilihlah jasa penerjemah tersumpah yang telah memiliki standar operasional yang baik. Hal tersebut bertujuan supaya dapat membantu anda dalam mendapatkan hasil terjemahan yang akurat dan efisien. Selain itu, sebaiknya hindari jasa penerjemah yang mengambil proyek secara mentah tanpa mendiskusikannya lebih lanjut.

2. Telah Memiliki Sertifikat

Sebaiknya pilihlah jasa penerjemah tersumpah yang telah bersertifikat. Karena ini bisa menjadi jaminan akan kualitasnya yang telah diakui. Periksa dulu akreditasi dari suatu jasa dan penerjemah yang telah disediakan. Lebih utamakan memilih yang telah memiliki sertifikat dari HPI dengan kelulusan uji tes sertifikasi standar nasional.

3. Mintalah contoh penerjemahan

Agar lebih yakin dengan kualitas jasa penerjemah tersumpah, sebaiknya minta contoh hasil dari penerjemahannya. Anda dapat meminta hasil proyek yang pernah dilakukannya, atau bisa juga mengambil sebuah sampel untuk dilakukan penerjemahan.

4. Memiliki layanan jasa dalam lingkup yang luas

Tips selanjutnya yaitu memilih layanan jasa yang ruang lingkupnya luas. Tentunya ini dapat mempermudah anda dalam memilih ragam pilihan penerjemah sesuai apa yang dibutuhkan. Selain dapat mempermudah, juga membuat waktu menjadi lebih efisien.

5. Banyak mendapatkan testimoni positif

Lakukan penelusuran terhadap jasa penerjemah tersumpah yang akan anda pilih. Apakah mempunyai testimoni positif ataukah tidak. Semakin banyak testimoni positif, maka kualitas jasa penerjemah tersumpah bisa dipertimbangkan. Dengan memperhatikan testimoninya, maka akan diketahui berapa banyak klien yang pernah bekerja sama dengannya.

Itulah beberapa tips dalam memilih jasa penerjemah tersumpah yang bisa anda jadikan sebagai acuan. Namun, jika anda masih bingung dalam memilih jasa penerjemah tersumpah mungkin Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar