Skip to main content

Manfaat Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin Dalam Program Rehabilitasi Narkoba

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 03, 2022

Perlu untuk diketahui, bahwa ketergantungan atau kecanduan narkoba dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan kerugian secara financial yang lebih besar daripada angggaran yang dikeluarkan untuk menjalani rehabilitasi narkoba agar bisa pulih. Oleh karena itu, sebaiknya sisihkan anggaran secara khusus untuk membantu orang yang anda cintai supaya bisa pulih dari ketergantungan atau kecanduan narkoba. Tentunya agar bisa pulih, perlu dilakukan penanganan secara khusus dengan menjalani rehabilitasi narkoba di tempat rehabilitasi narkoba.

Manfaat Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin Dalam Program Rehabilitasi Narkoba

Rehabilitasi narkoba merupakan cara terpadu yang dapat dilakukan untuk memulihkan pengguna naroba agar bisa lepas dari ketergantungan narkoba. Proses rehabilitasi ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi, jika pasien tersebut telah mengalami kecanduan narkoba dalam kurun waktu yang lama. Nah, salah satu tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk rehabilitasi narkoba adalah Ashefa Griya Pusaka. Dilansir dari situs Kompas, rehabilitasi di Ashefa Griya Pusaka lebih mengutamakan rehabilitasi secara menyeluruh, baik itu rehabilitasi secara medis maupun rehabilitasi secara sosial. Dimana program rehabilitasi medis harus dilakukan terlebih dahulu, kemudian setelah program rehabilitasi medis terselesaikan, maka dapat dilanjutkan dengan program rehabilitasi sosial.

Jadi dalam hal ini, rehabilitasi medis menjadi prioritas utama yang penting untuk dilakukan dalam memberikan pelayanan rehabilitasi narkoba secara menyeluruh. Rehabilitasi medis merupakan tindakan secara medis yang dilakukan oleh seorang dokter, psikiater maupun tenaga medis yang lain untuk mengetahui kondisi pasien, sehingga bisa menentukan strategi pemulihan yang tepat bagi pasien. Dalam rehabilitasi medis tentunya akan dilakukan sebuah tindakan pemeriksaan kesehatan secara rutin, selain dilakukan intake, skrining, asesmen, dan konseling medis. Lalu apa manfaat pemeriksaan kesehatan secara rutin?

Manfaat pemeriksaan kesehatan secara rutin

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara rutin adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien penyalahgunaan narkoba dan untuk mendeteksi berbagai keluhan yang dialaminya. Sehingga dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut dapat menentukan tindakan penanganan yang tepat.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin kepada pasien dilakukan oleh dokter dan submedis. Dalam hal ini pasien akan diperiksa secara menyeluruh baik pemeriksaan kesehatan secara fisik dan mental. Sehingga dalam pemeriksaan tersebut akan diketahui jenis apa yang telah digunakannya dan apa saja efek yang ditimbulkan dari pemakaian tersebut. Tenaga medis ahli yang profesional dalam bidangnya ini selanjutnya akan membantu pasien menemukan solusi agar bisa pulih dan bisa menjalani hidup yang lebih baik lagi. Selama tahap rehabilitasi ini, kondisi kesehatan pasien akan selalu terpantau.

Pemeriksaan kesehatan secara berkala ini penting sekali dilakukan bagi setiap pasien agar bisa diketahui kondisi kesehatan yang dialaminya. Sehingga dengan demikian pasien bisa menjalani program rehabilitasi narkoba dengan kondisi yang sehat.

Biasanya pemeriksaan kesehatan kepada pasien, dilakukan oleh dokter dan didampingi oleh perawat yang bertugas setiap harinya. Sehingga, hal tersebut dapat memudahkan bagi pasien untuk mengakses layanan kesehatan selama menjalani rehabilitasi narkoba dengan program rawat inap di tempat rehabilitasi narkoba.

Jadi, itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang seperti apa manfaat pemeriksaan kesehatan secara rutin dalam program rehabilitasi narkoba. Semoga apa yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat bagi anda semua. Dengan menjalani rehabilitasi yang tepat, maka proses pemulihan dari ketergantungan narkoba akan bisa menjadi lebih cepat. Sehingga, dengan demikian tidak akan mengalami kerugian secara financial yang lebih banyak karena kecanduan atau ketergantungan narkoba.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar