Skip to main content

Tips Memilih Saham Yang Baik dan Tepat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 07, 2022

Investasi saham dapat memungkinkan anda untuk memperoleh keuntungan investasi yang tinggi, namun juga diikuti dengan risiko yang cukup tinggi. Oleh karena itu anda harus memiliki ilmu dasar dan pengetahuan yang cukup dalam memilih saham-saham yang terdaftar atau yang diperdagangkan di BEI (Bursa Efek Indonesia). Apabila anda tidak memiliki ilmu dasar dan juga pengetahuan yang cukup maka bisa jadi anda tidak untung malah bisa rugi.

Tips Memilih Saham Yang Baik dan Tepat

Tips Memilih Saham

Investasi saham memang saat ini menjadi primadona, akan tetapi dalam memilih saham yang berpotensi menghasilkan diperlukan kecermatan agar bisa menghasilkan keuntungan. Bagi anda yang masih pemula dalam memilih saham perlu dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Maka dari itulah di sini akan kami uraikan tentang beberapa tips dalam memilih saham beserta rekomendasi saham harian yang mungkin bisa anda jadikan acuan dalam memilih saham.

Kenali perusahaan dan bagaimana kinerjanya

Membeli saham itu jangan karena ikut-ikutan, bujukan, hasutan atau rayuan dari orang lain. Tetapi membeli saham itu karena anda telah mengenal perusahaan dan tahu bagaimana reputasinya. Semua itu bisa diketahui dengan melakukan analisis.

Jadi, dicek siapa yang punya, laporan keuangannnya itu masuk akal atau tidak. Dalam laporan keuangan, dirinci lagi misalnya visualisasinya murah atau mahal, utanganya itu wajar atau tidak, tingkat pengembalian investasi atau REO (return on equity) minimal 15% atau kurang, dan lain sebagainya. Dengan demikian membeli saham harus memakai otak bukan mengandalkan nafsu. Sehingga hasil yang diperoleh pun jelas dan bisa lebih maksimal. Tidak hanya 5% atau 10% saja, akan tetapi ratusan bahakan hingga ribuan persen.

Membeli saham yang telah masuk indeks tertentu

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah merilis beberapa indeks daftar saham sesuai dengan karakteristiknya. Tujuannya supaya para investor bisa lebih mudah dalam memilih saham. Sebagai contoh indeks LQ45 yang berisi daftar 45 saham unggulan atau saham pilihan. Selain itu ada juga indeks lain seperti Pefindo 25, Kompas100, IDXQ30, dan lain sebagainya. Biasanya saham-saham yang masuk ke dalam indeks daftar saham ini lebih terpercaya dan terbukti lebih bisa memberikan keuntungan.

Melakukan analisis dengan baik

Sebalum membeli sebuah saham, anda perlu melakukan dua analisis. Analisis yang pertama yaitu analisis teknikal dan yang kedua yaitu analisis fundamental. Analisis teknikal merupakan analisis yang dilakukan menggunakan pergerakan pendekatan saham dalam rentang waktu tertentu, termasuk juga fluktuasi dan harga, serta informasi titik terendah dan titik tertinggi saham. Sedangkan, analisis fundamental merupakan anlisis yang dilakukan dengan mengacu pada pendekatan kondisi ekonomi, politik dan tren usaha. Anda dapat melihat hal tersebut dari laporan keuangan emiten atau perusahaan.

Pantau tren harga saham

Harga saham bisa berubah dengan cepat dalam hitungan menit bahkan dalam hitungan detik. Ada berbagai fotktor yang mempengaruhi hal tersebut. Jadi, anda harus rajin mengamati pergerakan dan tren saham supaya anda tahu ke mana arahnya. Selain itu, anda juga perlu meluangkan waktu untuk membaca maupun menonton berita tentang pasar modal. Hal ini bertujuan agar anda bisa selalu mendapatkan informasi terbaru tentang harga saham dan terennya, juga untuk memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham.

Nah, jika anda masih bingung dalam memilih saham yang tepat, anda bisa menggunakan web carisaham.com untuk melihat rekomendasi saham hari ini yang terupdate setiap harinya. Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang tips memilih saham yang baik dan tepat. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di sini dapat bermanfaat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar