Skip to main content

5 Alasan Kenapa kamu Harus Berinvestasi Reksadana Sejak Muda

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 24, 2024

Investasi dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk mengamankan masa depan finansial. Hal ini karena investasi untuk masa depan memungkinkan pertumbuhan nilai aset secara signifikan melalui efek compounding dan diversifikasi risiko. Ini dapat memberikan keamanan finansial jangka panjang. Selain itu, investasi membantu mencapai tujuan finansial besar seperti membeli rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak, dan merencanakan pensiun yang nyaman.

5 Alasan Kenapa kamu Harus Berinvestasi Reksadana Sejak Muda

Ada banyak jenis instrumen investasi yang dipilih untuk berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang populer di kalangan masyarakat adalah reksadana. Reksadana merupakan sebuah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang menjadi pemodal. Dana tersebut kemudian diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Berinvestasi sejak muda memiliki banyak manfaat. Terutama ketika investasi dilakukan dalam instrumen reksadana. Berikut adalah lima alasan mengapa kamu harus mulai berinvestasi reksadana sejak muda.

1. Potensi Pertumbuhan Dana yang Lebih Besar

Salah satu keuntungan utama berinvestasi sejak muda adalah potensi pertumbuhan dana yang lebih besar. Dengan memulai investasi lebih awal, kamu memiliki waktu lebih panjang untuk memanfaatkan efek compounding. Efek compounding adalah keuntungan yang diperoleh dari investasi akan diinvestasikan kembali sehingga menghasilkan keuntungan tambahan. Efek ini akan semakin signifikan seiring berjalannya waktu.

Misalnya, jika kamu mulai berinvestasi reksadana pada usia 25 tahun dengan dana awal Rp10 juta dan tambahan investasi Rp1 juta per bulan. Dengan asumsi rata-rata return 10% per tahun, nilai investasi kamu dapat berkembang menjadi lebih dari Rp1 miliar saat kamu mencapai usia 55 tahun. Bandingkan jika kamu baru mulai berinvestasi pada usia 35 tahun, nilai investasi yang sama hanya akan mencapai sekitar Rp400 juta pada usia 55 tahun.

2. Diversifikasi Risiko

Reksadana memungkinkan kamu untuk melakukan diversifikasi investasi dengan lebih mudah. Diversifikasi adalah strategi mengurangi risiko dengan membagi investasi ke berbagai aset atau instrumen keuangan. Dalam reksadana, dana yang kamu investasikan akan disebar ke berbagai saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya, tergantung pada jenis reksadana yang kamu pilih.

Dengan diversifikasi, risiko kerugian dapat diminimalkan. Ini karena tidak semua aset akan mengalami penurunan nilai secara bersamaan. Misalnya, jika salah satu saham dalam portofolio reksadana mengalami penurunan nilai, kerugian tersebut dapat diimbangi dengan kinerja positif dari saham atau obligasi lain dalam portofolio yang sama. Hal ini membuat reksadana menjadi pilihan investasi yang lebih aman dan stabil dibandingkan dengan berinvestasi langsung pada satu jenis aset saja.

3. Pengelolaan Profesional

Reksadana dikelola manajer investasi profesional yang sudah berpengalaman. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan analisis pasar, memilih aset yang tepat, dan mengelola portofolio investasi kamu. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot memantau pasar dan membuat keputusan investasi yang rumit. Cukup dengan mempercayakan dana kamu kepada manajer investasi, kamu bisa mendapatkan hasil investasi yang optimal.

Manajer investasi juga memiliki akses ke informasi dan analisis pasar yang lebih mendalam, sehingga mereka dapat membuat keputusan investasi yang lebih tepat. Pengelolaan profesional ini memberikan keuntungan bagi investor pemula yang mungkin belum memiliki banyak pengetahuan atau pengalaman dalam berinvestasi.

4. Modal Awal yang Terjangkau

Berinvestasi reksadana tidak memerlukan modal yang besar. kamu bisa memulai investasi dengan jumlah yang relatif kecil, misalnya Rp100 ribu atau Rp200 ribu saja. Hal ini membuat reksadana menjadi instrumen investasi yang sangat terjangkau bagi siapa saja, termasuk para pemuda yang mungkin baru mulai bekerja dan belum memiliki banyak dana untuk diinvestasikan.

Dengan modal awal yang terjangkau, kamu bisa mulai belajar dan berlatih berinvestasi sejak dini tanpa perlu menunggu memiliki dana besar. Semakin cepat kamu memulai, semakin besar potensi keuntungan yang bisa kamu peroleh di masa depan. Selain itu, kamu juga bisa menambah investasi secara berkala sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

5. Menanamkan Disiplin Finansial

Memulai investasi sejak muda juga membantu menanamkan disiplin finansial yang baik. Dengan berinvestasi secara rutin, kamu belajar untuk mengelola keuangan dengan lebih baik dan mengutamakan masa depan. Kebiasaan ini akan sangat berguna dalam mencapai tujuan finansial jangka panjang, seperti membeli rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak, atau merencanakan pensiun yang nyaman.

Disiplin finansial yang ditanamkan sejak muda akan membantu kamu dalam membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana. kamu akan terbiasa menyisihkan sebagian pendapatan untuk diinvestasikan, daripada menghabiskannya untuk konsumsi yang tidak perlu. Dengan begitu, kamu akan memiliki fondasi finansial yang kuat untuk menghadapi berbagai tantangan hidup di masa depan.

Reksadana merupakan pilihan investasi yang sangat tepat bagi para pemuda.. Dengan potensi pertumbuhan dana yang lebih besar, diversifikasi risiko, pengelolaan profesional, modal awal yang terjangkau, dan disiplin finansial yang baik.

Berinvestasi reksadana sejak muda memiliki banyak manfaat yang dapat membantu kamu mencapai tujuan finansial jangka panjang. Maka dari itu, jangan ragu untuk memulai investasi sejak dini dan nikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh reksadana. Bahkan jikak memungkinkan, kamu bisa mulai investasi reksadana 2024 sejak sekarang. Dengan langkah ini, kamu akan lebih siap menghadapi masa depan dan meraih kebebasan finansial.

Untuk melakukan investasi dengan instrumen reksadana, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Ini karena adanya berbagai manajer investasi. Salah satu manajer investasi yang sangat direkomendasikan adalah makmur. Sebab, makmur adalah salah satu manajer investasi yang paling terpercaya di Indonesia. Tunggu apalagi, segera lakukan investasi dengan reksadana pendapatan tetap Makmur.id.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar