Skip to main content

Apa Itu E-Statement Dan Apa Saja Keuntungannya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 22, 2023

Setiap aktivitas keuangan yang dilakukan oleh nasabah bank semuanya tercatat secara rinci dalam e-statement yang diterbitkan oleh pihak bank. Jadi, untuk melihat aktivitas keuangan tidak perlu lagi repot-repot untuk mencetak buku tabungan dalam bentuk lembaran fisik dengan datang dan antre di bank. Di dalam e-statement tersebut terdapat informasi-informasi penting terkait kondisi keuangan terkini dan transaksi yang masuk maupun keluar. Lalu, seperti apa itu e-statement dan apa saja keuntungannya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu E-Statement Dan Apa Saja Keuntungannya

Apa itu E-Statement

E-statement (electronic statement) adalah sebuah dokumen yang berisi tentang laporan transaksi keuangan yang diterbitkan oleh pihak bank atau lembaga keuangan dan dikirimkan kepada nasabah yang telah terdaftar melalui alamat email.

Fasilitas e-statement ini layaknya buku bank yang dapat digunakan untuk mengakses mutasi rekening seperti transaksi keluar masuk, hingga kondisi keuangan terkini. Sehingga. dalam hal ini penggunaan e-statement dapat digunakan untuk memantau kondisi keuangan, rekonsiliasi keuangan, hingga untuk merekap bukti-bukti transaksi keuangan.

Keuntungan Menggunakan E-Statement

Menggunakan fasilitas e-statement tentu mempunyai banyak keuangan jika dibandingkan dengan menerima laporan keuangan dalam bentuk dokumen fisik. Hadirnya fasilitas e-statement dari bank tentu telah dipertimbangkan segala aspek keuntungan yang bisa didapatkan oleh para nasabahnya. Adapun beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan fasilitas e-statement yaitu sebagai berikut.

Dapat mengurangi penggunaan kertas

Ketika nasabah memutuskan untuk beralih menggunakan e-statement, maka secara tidak langsung nasabah juga ikut melestarikan lingkungan hidup. Hal itu karena dapat mengurangi penggunaan kertas, dimana bahan dasar pembuatan kertas adalah kayu. Jika penggunaan kertas semakin berkurang, maka akan semakin berkurang pohon yang ditebangi.

Laporan rekening bisa diterima dengan segera

Penggunaan e-statement juga membuat nasabah menjadi lebih mudah dalam mendapatkan laporan rekening secara cepat. Cukup menggunakan ponsel yang terkoneksi internet dengan aplikasi perbankan dan emal yang terdapftar. Maka, pada saat membutuhkan informasi laporan mutasi rekening, bisa mendpatkannya lewat ponsel dengan cepat.

Laporan keuangan bisa diakses kapan saja dan dimana saja

Karena e-statement dikirimkan oleh pihak bank ke email yang terdaftar, maka hal ini memungkinkan nasabah bisa mengakses laporan keuangan kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Dengan demikian ini bisa menjadi lebih praktis dalam memantau dan menganalisis aktivitas keuangan.

Laporan rekening tersimpan aman di email

Berikutnya, keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan fasilitas e-statement adalah mutasi rekening yang diterima lewat email akan tersimpan secara aman di dalam email. Sehingga, dalam hal ini nasabah tidak perlu lagi menyimpan banyak bukti laporan rekening dalam wujud kertas karena lebih rawan mengalami kerusakan bahkan hilang.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang Apa itu E-Statement dan apa saja keuntungannya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar