Skip to main content

Tips Mengirim Press Release Untuk Musisi via Email ke Media

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Oktober 12, 2023

Hadirnya teknologi tentu dapat membantu kita dalam segala hal, tidak terkecuali bagi para musisi. Berbicara tentang musisi, kali ini yang kami bahas bukanlah tentang sebuah lagu maupun proses produksinya. Namun yang akan kami bahas kali ini adalah press release untuk musisi.

Tips Mengirim Press Release Untuk Musisi via Email ke Media

Press relaease sendiri memiliki peranan yang penting dalam membantu para musisi mendapatkan jangkauan pendengar yang lebih luas. Nah dalam penerbitan press release ini tentu membutuhkan media.

Sebelum kamu Cari Media Buat Nyebarin Musik Kamu simak dulu tips mengirim press release untuk musisi via email ke media berikut ini:

1. Subjek Email

Hal utama yang sering terlewatkan adalah subjek email. Jangan membiarkan subjek email kosong dan jangan hanya menuliskan “Press Release” saja. Sebaiknya tuliskan subjek email secara jelas sesuai dengan apa yang akan kamu sampaikan. Sebagai contoh Tiga Tahun Vakum Akhirnya Penyanyi “Z” Muncul kembali Dengan Lagu Terbarunya.

2. Perkenalan

Poin ke-dua dalam body email kamu harus memperkenalan diri secara singkat. Misalnya: Kamu atau kalian itu siapa, berasal dari daerah mana, bermain music apa, dan sedang merilis apa (Lagu, Video Musik, Album, Showcase, Kolaborasi). Tidak perlu panjang-panjang, intinya pesan yang kamu tulis dapat tersampaikan secara singkat sebelum memasuki poin yang ke-tiga.

3. Melampirkan File

Jangan lupa melampirkan file pendukung untuk penyebaran informasi. Dari mulai file Press Release, Foto Band, Artwork, Biodata Band, hingga file Audio. Untuk press release sendiri kalau bisa tidak usah terlalu panjang. Isinya kira-kira tentang materi terbaru, siapa yang menulis, tema yang dibawa seputar apa, siapa produsernya, apakah ada kolaborator, hingga rekaman di studio mana. Apabila memungkinkan, dapat disertai beberapa kutipan dari personelmu.

Jika press release dirasa sudah bagus, foto band jangan sampai terlewatkan karena materi visual sangat dibutuhkan oleh media di website maupun di halaman sosial medianya. Kemudian file audio juga patut untuk dilampirkan, terutama apabila ingin mengirim email ke radio. Dengan menyertakan file audio berformat mp3 atau WAV dalam lampiran, maka ada kemungkinan sang Music Director dapat tertarik dan memutar materi tersebut di radio. Agar lebih simple, kamu bisa mengirimkan file-file tersebut dalam satu folder ZIP, sehingga bisa sekali download.

4. Kontak

Sebagai penutupnya, kamu sertakan kontak. Bisa kontak dari manager jika ada, atau mungkin akun sosial media seperti Instagram, facebook, twitter.

5. Follow Up

Jika belum ada kabar lanjutan dari media yang telah kamu kirimi press releasae dan beritanya belum juga diterbitkan. Maka kamu bisa follow up atau japri kembali dengan menghubungi media sosialnya atau mengiriminya email lagi. Pastikan ketika kamu follow up ada jeda waktunya supaya tidak terkesan memaksa atau mengganggu.

Nah, salah satu media yang bisa kami rekomendasikan yaitu megalife.media. Jangan ragu untuk Kirim Press Release kamu ke MegaLife.Media jika kamu adalah seorang musisi yang ingin mendapatkan lebih banyak perhatian dan audiens secara lebih luas. Ini menjadi suatu langkah penting untuk mempromosikan musikmu dan menuju kesuksesanmu dalam dunia musik. Jadi, kesempatan yang baik ini jangan sampai kamu lewatkan untuk mendapatkan perhatian yang baik untuk karya musikalmu.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar