Skip to main content

Simak! Ini 7+ Cara Mengurangi Mata Minus, Bisa Kamu Lakukan [Harus Tahu]

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Agustus 20, 2023

Apakah mata minus bisa sembuh? Mungkin ini pertanyaan dari sebagian besar orang terutama mereka yang menderita mata minus. Mata minus atau rabun jauh merupakan kondisi ketidakmampuan seseorang untuk melihat objek jauh dengan jelas. Istilah lainnya dari mata minus sendiri adalah miopi. Penderita miopi umumnya memiliki ukuran bola mata yang lebih panjang dari bola mata normal dan terkadang memiliki kornea yang melengkung. Kondisi tersebut menyebabkan cahaya yang masuk ke mata tidak jatuh pada retina sebagaimana mestinya. Akibatnya, penglihatan jarak jauh menjadi buram.

Cara Mengurangi Mata Minus

Kondisi mata minus sebenarnya tidak dapat disembuhkan secara alami menggunakan olahraga, pijat, atau pengobatan herbal. Hal ini karena mata minus bukanlah suatu penyakit, melainkan kelainan dari refraksi mata. Namun, terdapat beberapa penanganan yang dapat dilakukan untuk menghambat dan mengurangi perkembangan mata minus supaya tidak menjadi semakin parah. Berikut adalah beberapa cara mengurangi mata minus dan meningkatkan kesehatan penglihatan:

1. Konsumsi Vitamin Mata Minus

Vitamin A sangat penting dibutuhkan sebagai nutrisi asupan untuk meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi vitamin Mata Minus Seperti Vitamin A, C, Dan E yang rutin secara tidak langsung dapat mengurangi mata minus dengan meningkatkan penglihatan mata si penderita. Adapun bahan makanan dengan kandungan tinggi vitamin A diantaranya wortel, bayam, dan brokoli.

2. Senam Mata

Senam mata memiliki manfaat selain dapat mengurangi mata minus juga mampu untuk membersihkan dan melumasi bola mata.

Caranya dengan menggerakan bola mata dari kiri ke kanan, berputar, dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari.

3. Gunakan Lensa Korektif

Lensa korektif adalah sebuah alat bantu visual yang digunakan untuk melakukan koreksi jatuhnya cahaya akibat terjadinya peningkatan kelengkungan kornea atau peningkatan panjang mata. Ada dua jenis lensa korektif, yaitu kacamata dan lensa kontak.

Penggunaan kacamata atau lensa korektif ini bertujuan agar kelengkungan pada kornea tidak menjadi semakin parah.

4. Obat tetes mata

Obat tetes mata dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah mata minus. Salah satu contohnya yaitu obat tetes atropin, biasanya sering diresepkan dokter untuk mencegah mata minus semakin buruk.

5. Operasi LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis)

Operasi LASIK atau laser-assisted in situ keratomileusis adalah prosedur pembedahan untuk mengurangi mata minus menggunakan laser untuk mengikis lapisan epitel dan sebagian kornea agar memperbaiki bentuknya.

Efektivitas operasi LASIK tergantung dengan kondisi mata pasien, hal itu karena beberapa pasien yang mempunyai lapisan kornea tipis tidak bisa diperbaiki secara mudah menggunakan prosedur ini. Pemulihan pasca operasi LASIK biasanya lebih cepat daripada operasi kornea lainnya.

6. Operasi Photorefractive Keratectomy (PRK)

Operasi Photorefractive keratectomy atau PRK adalah prosedur operasi yang dilakukan dengan cara mengangkat lapisan luar kornea (epitel) untuk membentuk kembali kornea dengan menggunakan laser.

Prosedur PRK tidak dianjurkan pada pasien yang mempunyai gangguan mata dan penyakit tertentu, seperti glaukoma, diabetes, katarak, dan sejenisnya.

7. Implan Lensa Buatan

Untuk kondisi mata minus dengan tingkat keparahan yang tinggi dapat diatasi dengan cara melakukan prosedur operasi implan lensa buatan.

Prosedur ini disebut juga dengan Refractive Lens Exchange (RLE). RLE dilakukan dengan melepaskan lensa mata tanpa mengeluarkan lensa mata yang asli dan menggantinya dengan lensa buatan (plastik).

Konsumsi vitamin A mungkin menjadi salah satu cara yang cukup mudah untuk mengurangi mata minus dan membuat kesehatan mata tetap terjaga.

Seringkali kebanyak orang memilih produk jadi yang kaya kandungan vitamin A karena dinilai lebih praktis dan terjamin manfaatnya.

Untuk mendapatkan produk dengan vitamin A tinggi dan nutrisi lengkap alami dalam menjaga kesehatan mata, Anda bisa mengunjungi Eyebost untuk mendapatka produk nutrisi mata terbaik.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar