Skip to main content

Jenis jenis Hosting Dan Penjelasannya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 01, 2023

Sekarang ini banyak orang yang membangun website untuk mengenalkan usaha atau bisnisnya ke banyak orang melalui internet. Dalam membuat website selain memerlukan sebuah domain juga membutuhkan sebuah hosting. Hosting sendiri ada banyak jenisnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dalam pembuatan website. Lalu seperti apa itu hosting? Apa saja jenis-jenis hosting? Nah, bagi kamu yang belum tahu bisa menyimak penjelasannya yang kami tulis di sini.

Jenis jenis Hosting Dan Penjelasannya

Apa yang dimaksud Hosting

Hosting adalah media penyimpanan yang dijadikan tempat untuk menyimpan berbagai data atau file website, sehingga website bisa diakses melalui jaringan internet oleh banyak orang. Data atau file yang disimpan di dalam hosting tersebut dapat berupa script, database, gambar, teks, video, aplikasi dan masih banyak yang lainnya.

Tanpa adanya hosting sebagai tempat penyimpanan data atau file website, maka sebuah website tidak akan dapat terciptakan. Itulah yang menjadi alasan kenapa keberadaan hosting itu penting dalam pembuatan sebuah website. Jadi, apabila kamu ingin membangun sebuah website maka harus memiliki hosting misalnya seperti cloud hosting murah. Caranya memilikinya yaitu dengan berlangganan di salah satu tempat penyedia hosting.

Agar bisa lebih paham seperti apa itu hosting, hosting dapat kita ibaratkan sebagai lahan yang akan dibangun sebuah rumah. Apabila akan membangun rumah yang besar, maka lahan yang dibutuhkan haruslah besar. Begitu pula dengan membangun sebuah website, jika website yang dibangun itu mempunyai performa tinggi, maka hosting yang dibutuhkan harus memiliki resource yang besar. Dapat disimpulkan bahwa hosting itu ibarat lahan, website ibarat rumah dan domain itu ibarat alamat rumahnya.

Jenis Web Hosting Dan Penjelasannya

Terdapat beberapa jenis hosting yang dalam penggunaannya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Adapun beberapa jenis hosting beserta dengan penjelasannya yaitu sebagai berikut ini:

Shared Hosting

Shared hosting merupakan hosting yang dalam satu server dibagi dengan beberapa pengguna lain, sesuai dengan kebutuhan server. Itu berarti dalam penggunaannya, pengguna harus berbagi fasilitas dengan beberapa pengguna lain seperti berbagi memori, bandwidth dan daya komputasi. Shared hosting, dalam penggunaannya akan lebih tepat jika digunakan untuk menjalankan website atau blog sederhana.

Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan hosting dengan menggunakan resource dari kumpulan server agar performanya bisa lebih meningkat, uptime bisa lebih maksimal, dan beban load bisa seimbang. Sehingga, apabila di salah satu server terjadi proses maintance, terjadi gangguan teknis atau sibuk yang semestinya membuat website tidak diakses, maka secara otomatis trafik website akan di route ke server lain yang berada dalam satu kelompok. Dengan demikian maka website masih bisa diakses dan tetap bisa menerima traffik. Cloud hosting ini merupakan hosting yang fully-managed, sehingga pengguna tidak perlu untuk memikirkan dalam hal perawatan maupun pengelolaan teknis servernya.

VPS Hosting

VPS Hosting (Virtual Private Server Hosting) adalah hosting dengan menggunakan teknologi virtualisasi dan memberikan resource secara pribadi atau khusus di server meskipun yang menggunakannya lebih dari satu pengguna. Pengguna yang memakai VPS hosting tidak akan memberikan pengaruh terhadap kinerja maupun resource pengguna yang lain. Dengan memakai VPS hosting maka pengguna bisa melakukan kustomisasi seperti mengelola dan mengatur sumber daya yang ada secara leluasa sesuai kebutuhan masing-masing. VPS hosting ini, cocok apabila digunakan untuk menjalankan website yang sudah bertrafik tinggi. Menariknya saat ini sudah banyak penyedia hosting yang menawarkan vps murah Indonesia.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan hosting yang menyediakan satu server penuh untuk penggunanya sehingga pengguna akan mempunyai kontrol secara penuh terhadap layanan hosting tersebut seperti dalam hal penggunaan, pengelolaan maupun dalam hal perawatan. Dedicated hosting juga bisa dibilang seperti halnya menyewa satu server secara sekaligus beserta dengan seluruh isinya. Akan tetapi, dalam penggunaan dedicated hosting ini dibutuhkan seseorang yang benar-benar mumpuni dalam hal teknis untuk pengelolaan dan perawatan server.

Itulah uraian singkat tentang jenis-jenis hosting dan penjelasannya, semoga dapat bermanfaat.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar