Skip to main content

Peluang Usaha Online Yang Menjanjikan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 28, 2022

Internet menjadi salah satu bukti perkembangan zaman yang serba canggih. Dengan keberadaan internet, kita menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan banyak orang, tidak hanya di Indonesia saja bahkan bisa menjalin komunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia.

Peluang Usaha Online Yang Menjanjikan

Selain itu, dengan internet kita bisa mencari dan mendapatkan informasi dengan mudah. Dengan internet pula bukan tidak mungkin kita bisa melihat berbagai peluang usaha, baik itu usaha menawarkan jasa maupun menjual suatu produk tertentu secara online. Lalu apa saja peluang usaha online yang menjanjikan? Langsung saja simak penjelasannya di sini.

Peluang Usaha Online Yang Menjanjikan

Adapun beberapa peluang usaha online yang menjanjikan untuk saat ini adalah sebagai berikut:

1. Online Shop

Produk fashion menjadi produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari itulah anda bisa menjual produk fashion yang paling banyak dicari secara online misalnya menjual jilbab, gamis, celana dan lain-lain.

Keuntungan menjual barang secara online adalah anda tidak perlu menyewa tempat, sehingga lebih hemat biaya. Agar lebih mudah dalam menjual secara online anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace populer seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Dengan memanfaatkan marketplace tersebut maka semua transaksi akan tercatat secara otomatis sehingga akan lebih terorganisir.

2. Youtuber

Youtube merupakan situs memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan membagikan video. Saat ini Youtube telah populer dan memiliki banyak pengguna. Oleh karena itu hal ini bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha untuk menjadi content creator Youtube.

Dengan menjadi content creator Youtube yang telah diterima dalam program Youtube Partner maka anda akan bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense setiap bulannya jika mencapai batas ambang pembayaran. Untuk bisa diterima dalam program Youtube Partner anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Untuk saat ini harus mencapai 1000 subscribe dan 4000 jam tayang.

3. Blogger

Blogger bisa mejadi peluang usaha online, kerjanya yaitu membuat blog kemudian mengelolanya dengan membuat konten berupa atrtikel. Bagi seseorang yang mempunyai hobi menulis tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan karena selain dapat menyalurkan hobinya juga bisa mendapatkan penghasilan.

Adapun sumber penghasilan seorang blogger umumnya adalah dari penempatan iklan dalam blog seperti iklan Google Adsense, Mgid, Adsterra dan lain-lain. Selain itu bloger juga bisa mendapatkan sumber penghasilan lain misalnya dari program afiliasi, endorse, berjualan produk dan menawarkan suatu jasa tertentu melalui blog.

3. Freelancer

Menjadi seorang pekerja freelance dapat dilakukan oleh siapa pun, baik itu seorang pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Untuk bekerja sebagai freelancer anda bisa bergabung di beberapa situs freelancer seperti Projects.co.id, Sribulancer, fiverr, dan masih banyak yang lainnya. Ada beragam pekerjaan yang tersedia di sana seperti pembuatan desain, penulisan artikel, entry data dan lain-lain. Tetapi hal yang perlu anda perhatikan yaitu sesuaikan dengan skill yang anda miliki, jangan asal mengambil projek yang tidak mampu anda kerjakan.

4. Menjual Foto

Hobi fotografi juga bisa menjadi peluang usaha online. Caranya adalah dengan menjual hasil foto ke situs microstock seperti Shutterstock. Apabila anda berhasil mengunggah foto yang memenuhi syarat yang telah ditentukan, maka anda bisa berpeluang mendapatkan penghasilan dari Shutterstock. Situs ini menerima foto dari fotografer atau seorang creator yang memenhui syarat kemudian menjualnya kepada konsumen.

5. Menjual E-Book

Seiring berjalannya waktu, bisnis penulisan digital terus mengalami perkembangan. Sebuah bisnis terbaru dalam bidang penulisan adalah penjualan e-book. Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang hobinya menulis tetang berbagai bidang. Untuk mendapatkan penghasilan dari berjualan e-book anda harus mengunggah karya anda di situs penjualan E-book. Apabila disetujui, maka E-book anda akan bisa tampil di situs tersebut dan anda akan menerima pembayaran jika ada konsumen yang membelinya.

Itulah penjelasan tentang beberapa peluang usaha online yang menjanjikan, yang sebenarnya masih banyak yang lainnya yang mungkin tidak dapat kami sebutkan satu persatu dalam artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Silahkan tuliskan komentar anda sesuai dengan topik pada postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar