Uang Repair (2)

Uang repair 2 – Setelah sebelumnya menyampaikan artikel yang berjudul Uang Repair (1) kali ini berjudul Uang Repair 2 yang merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya.

wayang 100 Gulden yang tidak terjual pada lelang Hosane di Shanghai, China. Lalu apa yang menyebabkan para pembeli internasional tidak tertarik dengan lot ini.

Uang seri ini telah disertifikasi oleh PMG (Paper Money Guaranty, www.pmgnotes.com) dengan nilai 20 (VERY FINE). Lihatlah deskripsi dari nilai tersebut :

35Choice Very FineFor years dealers and collectors called this grade “VF-XF.” This note looks Extremely Fine, but may have four to five light folds. Original examples (EPQ) will usually be attractive with little actual circulation.
30Very FineStill crisp, but may show a bit of circulation or light soiling. May have several light folds.
25Very FineA circulated note with good eye appeal, but has too many folds or too much soiling for a higher Very Fine grade.
20Very FineModerate circulation with numerous folds, mild soiling but no serious detractions. A solid note but may have a minor defect.

Grade Very Fine memiliki nilai antara 20 sampai dengan 35. Angka 20 merupakan nilai Very Fine yang terendah, di bawahnya sudah tergolong Fine.

Juga terdapat tulisan NET di bagian samping kanan sertifikat PMG, yang artinya adalah sebagai berikut :

NETA “net graded” note is one which has had an adverse occurrence after it left the BEP. PMG will specifically state the reason(s) why any note is net graded. The PMG guarantee is not valid on any net graded note. A few reasons why a note may be “net graded” are tear, corner missing, repaired, re-embossed, washed, stained, ink or writing and PVC damage.

Jadi garansi PMG tidak berlaku untuk uang-uang yang diberikan label NET. Karena uang-uang tersebut sebenarnya gagal untuk diberikan grading akibat adanya sobekan, repaired, washed, stained dan lain sebagainya.

Uang Repair (2)

Bagian depan uang, grade yang diberikan adalah 20 (Very Fine) net graded (NET)

Uang Repair (2)

Pada bagian belakang uang tertera dengan dengan jelas mengapa uang tersebut diberikan label NET yaitu ‘Repaired’

uang repair 2 – Yang menjadi pertanyaan adalah apa dan dimana bagian yang repaired?
Hal yang perlu dilakukan untuk memeriksanya adalah sebagai berikut.

1. Langkah pertama kita lihat dan lihat secara langsung

Uang Repair (2)

Pengamatan pada uang yang sekilas menunjukkan bahwa kondisinya cukup baik, kertas utuh, tampak masih keras dan crispy, lipatan patah di banyak tempat (3 vertikal dan 1 horisontal) serta tidak tampak adanya lubang. Warna agak kusam, sudut sedikit membulat, kotoran atau bercak di tengah-tengah lingkaran watermark. Apabila tanpa adanya petunjuk dari PMG maka akan sulit membedakan bahwa uang ini repaired atau tidak.

2. Langkah kedua kita hadapkan uang pada cahaya terang

Uang Repair (2)

Jika dihadapkan pada cahaya lampu, tampak jelas lipatan-lipatan dan tidak tampak adanya lubang. Terlihat semuanya cukup baik, dan uang tersebut bisa segera masuk ke album.

Lalu dimakah letak bagian yang repaired?

Anda harus ekstra teliti dalam mencari bagian-bagian yang di repair. Bagian tersebut bisa besar, tetapi bisa juga sangat kecil. Jadi coba ulangi penelitian dengan lebih teliti lagi. Lihat gambar berikuut yang telah diberi tanda.

Uang Repair (2)

Lihat bagian-bagian yang telah diberi tanda kotak, satu di bagian bawah dan dua di bagian tengah (kiri dan kanan). Setelah gambar tersebut diperbesar :

Uang Repair (2)

Bagian bawah, tampak adanya perbedaan ketebalan kertas yang berbentuk 1/2 lingkaran

Uang Repair (2)

Tampak adanya lingkaran kecil tepat di atas huruf A pada Bagian tengah kanan. Juga pada bagian tengah kiri.

Pada bagian-bagian tersebut memiliki bentuk yang kurang sesuai dengan bentuk aslinya, Namun hal tersebut belum menyimpulkan apapun, untuk itu diperlukan peralatan tambahan :

3. Uang kita hadapkan pada lampu UV (Ultra Violet)

Coba hadapkan uang tersbut ke lampu UV, bagaimana bentuk uang tersebut di bawah lampu UV:

Uang Repair (2)

Di bawah sinar lampu UV tampak jelas perbedaan warna pada sebagian besar uang. Pada bagian bawah uang tersebut tampak bagian yang menghitam serta ada bentuk setengah lingkaran yang memberikan pendaran warna berbeda dengan sekelilingnya. Demikian juga di bagian tengah dan bagian atas. Pada bagian yang kita curigai terdapat bercak keputihan dan nampak berbagai bercak lain yang bentuknya simetris.

Coba lihat apabila uang tersebut dibandingkan dengan uang yang original :

Uang Repair (2)

Secara jelas sekali akan terlihat perbedaan pendaran warna uang tersebut bila dibandingkan dengan yang masih original. Apabila terkena kecelakaan seperti tumpahan kopi atau lainnya maka seharusnya ada bagian-bagian lain yang memberikan pendaran warna seperti original. Namun pada uang ini sudah tidak ada lagi bagian-bagian tersebut. Kesimpulannya adalah sangat memeungkinkan bahwa uang ini telah mengalami proses pencucian secara basah atau menyeluruh.

Berdasarkan pengamatan dari lampu UV dan berhasil menemukan bidang-bidang mencurigakan Kemudian lakukan pengmatan lagi dengan kaca pembesar, lihat gambar di bawah yang membandingkan antara uang tersebut (kiri)dengan yang original (kanan).

Uang Repair (2)

Bagian bawah, lihat tulisan FECIT sudah tidak ada lagi

Uang Repair (2)

Bagian kanan tengah

Uang Repair (2)

Bagian kiri tengah

Sungguh pekerjaan repaired yang sangat baik dan profesional. Bila tidak ada bantuan PMG maka repaired pada uang ini tidak akan terlihat. Pengamatan dengan memakai kaca pembesar menjelaskan bahwa bagian-bagian tersebut adalah tambalan yang dibuat dengan sangat rapi yang kemudian juga gambar-gambar yang kurang dilukis menggunakan tangan dengan meniru bentuk aslinya.

Hasil dari keterangan yang didapat sekarang ini adalah:

  1. Terdapat repaired di beberapa tempat, setidaknya di tiga tempat yang telah disebutkan di atas.
  2. Juga kemungkinan telah dilakukan pembersihan alias washed pada uang dengan cara basah, suatu cara klasik yang dilakukan lama berselang sebelum ditemukan cairan-cairan kimia pembersih modern.

Coba teliti lebih lanjut :

Uang Repair (2)

Uang wayang 100 Gulden original, lihat warnanya yang cerah, sangat berbeda dengan uang yang sedang kita bahas.

Semua uang yang termasuk seri wayang memiliki ciri khas yaitu tidak memiliki bingkai. Akibatnya kita seringkali akan kesulitan untuk menentukan apakah uang ini telah dilakukan perapian/pemotongan bagian tepi (trimming) atau tidak. Cara yang terbaik untuk menelitinya adalah dengan membawa penggaris untuk mengukur panjang dan lebar kertas uang sebelum melakukan transaksi.

Namun cara tersebut kurang efisien. Cara mudahnya adalah sebagai berikut :

Pada uang wayang nominal 100 Gulden, keempat tepinya dikelilingi oleh bentuk-bentuk berupa 1/2 lingkaran.

Uang Repair (2)

Bentuk 1/2 lingkaran yang berulang-ulang pada tepi atas

Uang Repair (2)

Demikian juga pada tepi bawah, kiri dan kanan.

Di bagian tengah setiap lingkaran bila dilihat dengan teliti akan tampak pusatnya

Uang Repair (2)

Pusat lingkaran pada tepi kiri kertas

Uang Repair (2)

Pusat lingkaran berwarna terang pada tepi atas kertas

Uang Repair (2)

Pusat lingkaran berwarna gelap pada tepi bawah

Uang Repair (2)

Pusat lingkaran pada tepi kanan kertas

Secara singkat dapat disimpulkan bahwa, semua lingkaran tersebut, baik yang atas, bawah, kiri maupun kanan harus terlihat pusatnya!

Coba teliti tentang uang yang dibahas diatas :

Uang Repair (2)

Lihat pusat lingkaran pada keempat tepi kertas

Uang Repair (2)

Pada bagian kiri, tampak pusatnya walaupun hanya sebagian

Uang Repair (2)

Pada bagian bawah, tampak dengan jelas pusat lingkaran

Uang Repair (2)

Pada bagian kanan, pusat lingkaran terlihat lengkap, rupa-rupanya pemotongan tidak tepat di tengah melainkan agak bergeser sedikit ke kanan yang menyebabkan pusat lingkaran bagian kiri sedikit terpotong juga sebaliknya pusat yang kanan terlihat lengkap.

Coba lihat pada bagian atas :

Uang Repair (2)

Pusat lingkaran bagian atas…..

Coba kita bandingkan dengan yang original

Uang Repair (2)

Di pusat lingkaran sisi atas uang original tampak dengan jelas sedangkan pada uang yang kita bahas ini tidak tampak. Oleh sebab itu tidak ada cara lain lagi selain mengukur dan membandingkannya dengan uang yang original :

Uang Repair (2)

Secara langsung dibandingkan terlihat kalau ukuran uang tersebut sudah tidak sama lagi dengan yang original.

Kesimpulan akhir uang repair 2 :

Uang ini ternyata telah washed, repaired, dan juga telah di trimmed yaitu pada sisi atas uang.

Tidak mengherankan bahwa uang ini UNSOLD alias tidak terjual walaupun dijual harga murah. Pada kenyataannya yang ada bahwa uang ini telah di lelang dua kali oleh dua balai lelang yang berbeda dan semuanya tidak terjual.

Uang Repair (2)

Wayang 100 Gulden PMG-20 NET (repaired, washed and trimmed)

Demikian penjelasan mengenai artikel yang berjudul Uang Repair 2, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman.

Uang Repair 2

share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *