Asal Usul Lambang Rp

Sudah tahukah kalau lambang rupiah mengalami cerita yang begitu panjang? Kapan tepatnya lambang uang Rupiah(Rp) mulai dipergunakan?. Dulu lambing mata uang yang digunakan adalah f (florin) Karena pada masa tersebut masih masa penjajahan Belanda, dan satuan mata uang yang dipergunakan adalah GULDEN. Jadi pada masa tersebut semua harga yang tercantum pada barang-barang jualan, termasuk juga pada kuitansi, nota pembelian dan lain2nya diberikan lambang f, Misalnya pada gambar berikut.

Asal Usul Lambang Rp

Florin = gulden, satuan mata uang yang dipakai selama pendudukan Belanda.

Meskipun Jepang telah masuk ke negara kita, lambang uang yang dipergunakan ternyata masih mengikuti jaman sebelumnya yaitu florin. Jadi tidak begitu mengehrankan apabila semua dokumen yang ditemukan pada masa ini mencantumkan juga lambang f. Baru pada saat Indonesia telah merdeka, mata uang kita berubah dari gulden menjadi rupiah. Namun di awal-awal masa kemerdekaan, lambang yang dipergunakan masih berantakan. Sebagian masih mengikuti jaman Belanda (florin), sebagian lagi sudah mulai memakai lambang mata uang rupiah yaitu R. Lihat gambar di bawah ini.

Asal Usul Lambang Rp

Kuitansi yang berasal dari tahun 1948 memakai lambang R.

Dokumen-dokumen yang berasal pada masa awal-awal kemerdekaan mempergunakan lambang RUPIAH dalam dua bentuk yaitu f dan R. Dikarenakan pada saat itu belum ada aturan baku yang mengaturnya. Namun secara berkala, lambang f mulai ditinggalkan dan lambang R mulai sering dipakai. Lihat gambar berikut mengenai suatu obligasi yang berasal dari tahun 1950 yang masih mempergunakan lambang R :

Asal Usul Lambang Rp

Obligasi Rupiah 1950

Asal Usul Lambang Rp

Materai Radio R.5 tahun 1957

Bagaimana dengan lambang Rp? Kapan mulai digunakan? Dokumen dibawah mungkin mungkin dapat menjawab pertanyaan tersebut. Yang pertama, Sebuah materai retribusi imigrasi yang berasal dari tahun 1959 memakai lambang yang tidak umum yaitu R besar dengan P kecil dan garis dibawahnya. Lihatlah gambar berikut.

Asal Usul Lambang Rp

Untuk yang kedua, yaitu sebuah materai radio yang berasal dari tahun 1958 memakai simbol R besar dan p kecil, mirip dengan lambang (Rp) yang kita gunakan sekarang ini.

Asal Usul Lambang Rp

materai radio

Jadi setelah ditarik kesimpulan dari gambar-gambar tersebut. Maka lambing Rp pertama kali digunakan sekitar tahun 1958-1959. Dengan begitu kita tahu bahwa lambing Rp tidak tercipta dengan sendirinya tetapi mengalami proses yang panjang. Gulden (florin = f) sampai beberapa waktu setelah kita merdeka Rupiah (R.) sampai sekitar tahun 1957 Rupiah (Rp.) mulai tahun 1958-1959 sampai saat ini. Semoga dengan adanya artikel ini sekarang kita menjadi tahu kapan kiranya lambang Rp. mulai dipakai.

Asal Usul Lambang Rp

Lambang RUPIAH (Rp.) yang kita pakai saat ini

Lambang Rupiah -Asal Usul Lambang Rp

Sumber: Sumbangan dokumen dari teman2 kolektor Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *